Lebak (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca perairan Banten bagian selatan dan utara selama dua hari mendatang dinyatakan normal karena jarak pandang berkisar empat sampai delapan kilometer.

Koordinator unit analis cuaca BMKG Serang Halim Perdanakusumah Rabu malam, mengatakan, saat ini kondisi cuaca perairan Banten bagian selatan dan utara diperkirakan relatif normal.

Tinggi gelombang perairan Banten bagian selatan berkisar 0,8 meter sampai 1,8 meter dan bagian utara antara 0,6 meter hingga 1,3 meter.

Tiupan angin berkecepatan rata-rata 15 knot atau 30 kilometer per jam.

Angin bergerak dari arah timur dan berkisar antara tiga sampai 15 knot.

Suhu pada siang hari minimal 23 derajat dan maksimal 32 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban 50 persen sampai 95 persen.

Cuaca berpeluang berawan sejak pagi hingga sore hari.

Selama ini, kata dia, cuaca perairan Banten bagian selatan meliputi Pantai Carita, Panimbang, Sumur, Binuangeun, Suka Hujan, Bayah, Sawarna, Pulomanuk, dan Ciantir relatif normal.

Selain itu juga jarak pandang dari bibir pantai ke laut lepas Perairan Samudera Hindia diprediksi empat sampai delapan kilometer.

"Kami yakin perairan Banten bagian selatan tidak membahayakan bagi nelayan karena gelombang tidak begitu tinggi dibanding dua hari lalu," ujarnya.

Ia menambahkan selama ini pesisir pantai Perairan Banten bagian utara meliputi Anyer, Merak, Pulorida, Bojonegoro dan Karangantu juga dinyatakan aman bagi nelayan maupun pelayaran.

Selama ini, kata dia, tiupan angin di perairan Banten bagian utara berkisar tiga sampai 12 knot dan bergerak dari arah timur.

"Kami menjamin pelayaran kapal Ro-Ro yang melayani pelabuhan Merak-Bakauheni relatif normal," katanya.
(U.KR-MSR/M027)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011