Berlin (ANTARA News) - Tidak ada keputusan akhir diharapkan pada KTT para pemimpin Eropa tentang bagaimana mengelola dana talangan utang Uni Eropa, sebuah sumber yang dekat dengan koalisi berkuasa Jerman mengatakan pada Kamis.

KTT ini tetap akan berlangsung pada Minggu, kata sumber tersebut, setelah laporan bahwa KTT bisa ditunda di tengah perbedaan antara pemain kunci, lapor AFP.

"Dalam semua kemungkinan, tidak akan ada keputusan akhir tentang peningkatan dana utang Uni Eropa 440 miliar euro (605 miliar dolar AS), kata sumber itu.

Namun demikian, "KTT akan berlangsung," tambah sumber itu.

Sumber itu juga mengatakan bahwa Kanselir Angela Merkel telah membatalkan jadwal pidato di parlemen Jumat untuk menetapkan posisi Jerman menjelang KTT yang seharusnya untuk membicarakan solusi untuk krisis utang zona euro.

"Pidato Merkel pada Jumat telah dibatalkan karena masih belum ada kesepakatan di Eropa tentang pertanyaan peningkatan dana," kata sumber itu.

Sebelumnya Kamis, dua surat kabar Jerman melaporkan bahwa KTT itu tergantung pada seutas benang karena para pejabat tidak mampu untuk membentuk posisi bersama.

Negara-negara Eropa berjuang tentang bagaimana meningkatkan daya tembak dari dana talangannya, Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF).

Salah satu pilihan yang sedang dibahas adalah dengan menggunakan uang tunai sebagai jaminan bagi investor atas kemungkinan kerugian di masa depan kepemilikan mereka atas obligasi yang diterbitkan oleh negara anggota yang lebih lemah, tetapi ada perpecahan yang mendalam atas solusi terbaik.

Menurut Berlin, Prancis dan Jerman, terbagi panjang tentang pertanyaan, telah menemukan sebuah posisi bersama.

Tetapi usulan tersebut "tidak minati" sejumlah tertentu dari negara lain, menurut Steffen Kampeter, seorang pejabat senior kementerian keuangan. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011