Malang (ANTARA) - Universitas Brawijaya di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur, tahun ini menerima lebih banyak mahasiswa dari jalur seleksi mandiri ketimbang dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Menurut Sekretaris Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik Universitas Brawijaya (UB) Heri Prawoto, kuota penerimaan mahasiswa dari jalur mandiri tahun ini 50 persen atau 8.570 orang sedangkan kuota penerimaan mahasiswa dari jalur SNMPTN sebanyak 20 persen atau 3.445 orang dan kuota penerimaan mahasiswa dari jalur SBMPTN sebesar 30 persen atau 5.125 orang.

"Kuota keseluruhan calon mahasiswa baru pada tahun akademik 2022/2023 UB mencapai 17.140 mahasiswa. Untuk jalur SNMPTN kuotanya menurun dari tahun lalu, yang mencapai 30 persen. Meski ada penurunan kuota, jumlahnya masih paling banyak di antara PTN di Tanah Air," kata Heri di sela acara Bincang dan Obrolan Santai (Bonsai) Universitas Brawijaya di Malang, Jumat, 

Ia mengatakan bahwa setelah proses SNMPTN selesai universitas langsung membuka pendaftaran SBMPTN.

Kuota penerimaan mahasiswa dari jalur SBMPTN di Universitas Brawijaya tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu, yang mencapai 5.919 mahasiswa, sedangkan kuota penerimaan mahasiswa dari jalur mandiri tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya.

Meski tahun ini kuota penerimaan mahasiswa dari jalur mandiri lebih banyak, Heri mengatakan, tetapi kemungkinan calon mahasiswa yang masuk dari jalur mandiri tidak mendaftar ulang juga cukup tinggi.

"Oleh karena itu, kami benar-benar memilih siswa-siswa yang berprestasi, baik akademik maupun non-akademik, dan bersungguh-sungguh, sehingga potensi untuk tidak daftar ulang bisa diminimalisasi," katanya.

Ia mengatakan bahwa ketentuan seleksi calon mahasiswa secara umum masih sama seperti tahun sebelumnya, yang berbeda pada tahun ini dalam seleksi mandiri penilaian mencakup prestasi akademik, prestasi non-akademik, dan nilai ujian tertulis berbasis komputer (UTBK).

Menurut pengumuman universitas, pendaftaran dan pembayaran pendaftaran peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru jalur prestasi yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya dibuka mulai 15 Maret sampai 29 April 2022.

Pengisian data siswa juga dibuka mulai 15 Maret sampai 29 April 2022 dan hasil seleksi menurut jadwal akan diumumkan pada 14 Juni 2022

Baca juga:
Universitas Brawijaya kejar target akreditasi internasional 63 prodi
​​​​​​​
Universitas Brawijaya perkuat pendampingan riset dan inovasi

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2022