Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Riau terus meningkat dengan banyaknya industri di Riau.
Kota Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau Mhd. Jahari Sitepu bersama Gubernur Riau Syamsuar membahas persiapan dibukanya kembali pelabuhan internasional di Dumai pada 11 April 2022.

“Kemenkumham Riau melalui Kantor Imigrasi Dumai dan pemerintah setempat telah meninjau kesiapan pelabuhan. Pada prinsipnya, Kemenkumham sangat siap dalam menyambut rencana baik ini demi pemulihan ekonomi nasional,” kata Jahari, di Pekanbaru, Jumat.

Dia mengatakan bahwa sebagai penjaga gerbang negara, Kepala Kanwil Kemenkumham Riau memastikan seluruh jajarannya akan bekerja sesuai aturan yang berlaku, penuh integritas dan profesionalitas.

Syamsuar juga sangat antusias dengan dibukanya kembali pelabuhan internasional ini.

Ia menceritakan sejak tahun 2019, pertumbuhan ekonomi Riau selalu meningkat hingga saat ini menjadi peringkat 5 nasional.

“Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi Riau terus meningkat dengan banyaknya industri di Riau. Untuk itu kami mengusulkan dibukanya kembali lalu lintas internasional untuk memenuhi target tersebut. Ada 3 pelabuhan internasional yang kami usulkan dibuka yaitu Dumai, Bengkalis, dan Selatpanjang. Namun alhamdulillah, yang disetujui baru Dumai,” kata Syamsuar.

Bersama Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Siti Cholistyaningsih, Kakanwil kemudian menyampaikan undangan Seminar Keliling Kekayaan Intelektual (KI) dengan menghadirkan Menteri Hukum dan HAM RI, Menteri Dalam Negeri RI, Menteri Pertanian serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai narasumber yang akan dilaksanakan pada 13-14 April 2022 di Medan, Sumatera Utara.

Kegiatan ini juga mengundang gubernur di wilayah Sumatera, serta para kakanwil dan kadiv yankum se-Indonesia. Gubernur Riau didaulat akan menerima penghargaan karena dukungan dan partisipasinya dalam kemajuan perkembangan KI di Riau.

“Kebetulan di saat yang sama, saya juga ada kegiatan ekonomi syariah yang dilaksanakan di Bogor. Nanti Riau juga akan mendapatkan penghargaan dari Wakil Presiden yang merupakan Ketua Harian Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS). Oleh sebab itu, nanti kegiatan KI di Medan akan dihadiri oleh Bapak Wakil Gubernur,” ujar Gubernur Riau pula.

Gubernur menyebutkan juga bahwa pemerintah provinsi dan daerah akan selalu mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat baik melalui UMKM serta pendaftaran hak cipta, merek dan kekayaan intelektual.
Baca juga: Terbukti pungli dan korupsi, ASN Kemenkumham Riau segera dipecat
Baca juga: Kemenkumham Riau sebut 21 pengungsi luar negeri dipindahkan ke Jakarta

Pewarta: Frislidia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022