Kami menjadikan Bukit AKHLAK dan Akitivasi BIO menjadi perwujudan nyata MIND ID untuk mencetak insan-insan BUMN Ber-AKHLAK.
Pangkalpinang (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengharuskan seluruh insan BUMN di Indonesia memiliki nilai dasar yang seragam yaitu "AKHLAK" akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

AKHLAK ditetapkan sebagai nilai dasar yang wajib dipegang seluruh BUMN dalam menjalankan bisnis dan berkegiatan setiap hari, sehingga Holding Pertambangan Indonesia Mining Industry (MIND ID) mengagas Bukit AKHLAK di Bangka Island Outdoor (BIO) di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BIO sebagai Learning Center Timah yang terintegrasi dengan pusat Learning dan Research MIND ID, bertransformasi memperkuat tata kelola pusat pengembangan dan pembelajaran serta internalisasi nilai-nilai AKHLAK dengan konsep alam, guna menciptakan insan BUMN berakhlak.

Menteri BUMN Republik Indonesia Erick Thohir mengapresiasi Holding Pertambangan Indonesia Mining Industry (MIND ID) yang menginisiasi Bukit AKHLAK di BIO.

Transformasi sumber daya manusia (SDM) saat ini menjadi salah satu dari inisiasi yang tidak terpisahkan dalam upaya transformasi BUMN.

Untuk menjawab hal tersebut, Kementerian BUMN senantiasa mendorong perusahaan BUMN, termasuk MIND ID melakukan transformasi SDM dalam mewujudkan insan BUMN yang unggul, berakhlak dan adaptif terhadap perubahan.

"Program yang diinisiasi oleh Direktorat Hubungan Kelembagaan MIND ID ini dapat menjadi contoh sukses implementasi program keberlanjutan, terintegrasi dan transformasi nilai melalui internalisasi akhlak yang dilakukan grup MIND ID di lokasi BIO PT Timah Tbk," kata Erick Thohir pada saat pengenalan Bukit Akhlak dan Reaktivasi Bangka Island Outdoor (BIO).

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID Dany Amrul Ichdan mengatakan sejak 1 Juli 2020, seluruh BUMN di Indonesia memiliki nilai dasar yang seragam. Nilai dasar atau core values ini adalah AKHLAK.

AKHLAK ditetapkan sebagai nilai dasar yang wajib dipegang seluruh insan BUMN. Kewajiban ini, karena Pemerintah ingin proses transformasi BUMN dilakukan menyeluruh hingga ke seluruh sumber daya manusia di perusahaan berpelat merah itu.

Melalui penerapan nilai-nilai dasar AKHLAK secara menyeluruh dan konsisten, ke depannya BUMN diharapkan bisa lebih kuat menjalankan bisnis dan berperan untuk kemajuan bangsa serta negara.

Nilai-nilai dasar AKHLAK ini ke depannya BUMN memiliki sifat dapat menjaga kepercayaan (amanah), mengeksekusi program dan kegiatan secara bagus (kompeten), saling menguatkan (harmonis), menjunjung tinggi kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan perusahaan (loyal), terbiasa menyesuaikan diri dengan perkembangan (adaptif), dan mengutamakan gotong royong dalam beraktivitas (kolaboratif)

Posisi yang kuat harus dimiliki seluruh BUMN, karena peran mereka begitu penting dalam upaya Indonesia menjadi negara maju dan mewujudkan visi Indonesia 2045.

BIO sebagai Learning Center PT Timah Tbk ini terintegrasi dan menjadi pusat pengembangan dan pembelajaran yang dikenal sebagai kawah candradimuka industri pertambangan dan pengolahan komoditas timah di Indonesia dengan konsep belajar di alam terbuka.

"Sebagaimana yang dilakukan hari ini, kami menjadikan Bukit AKHLAK dan Akitivasi BIO menjadi perwujudan nyata MIND ID untuk mencetak insan-insan BUMN Ber-AKHLAK dan Program Keberlanjutan Perusahaan yang melibatkan masyarakat," katanya.

Direktur SDM PT Timah Tbk Yennita mengatakan dalam sejarahnya BIO merupakan sarana pelatihan bagi insan Timah untuk membentuk insan Timah menjadi SDM yang memiliki karakter tangguh, unggul, dan bermartabat.

BIO yang saat itu diinisiasikan oleh Dirut PT Tambang Timah (Persero) Kuntoro Mangkusubroto mengembangkan pelatihan yang berlandaskan tiga pilar yakni patriotisme, profesionalisme dan cinta alam.

Bukit AKHLAK sejatinya sangat selaras dengan semangat awal gagasan pendirian BIO, yang dilandaskan pada perubahan-perubahan mendasar dalam konteks dinamika usaha.

"Tentu kita berharap agar momentum ini menjadi bagian dari simbol kolaboratif antaranggota MIND ID, dan juga dengan BUMN lain untuk bisa memanfaatkan kehadiran BIO sebagai kawah candradimuka Insan BUMN ber-AKHLAK," katanya pula.

Bukit AKHLAK juga sejalan dengan strategi perusahaan yang mengedepankan keberlanjutan dengan menyelaraskan 3P yakni People yaitu sebagai kawah candradimuka sumber daya manusia, Planet BIO sebagai destinasi ekowisata serta Profit dapat berdikari dan menguntungkan.

Pemilihan BIO sebagai medium internalisasi AKHLAK sebagai core value insan BUMN berlandaskan beberapa hal, karena selain sebagai sebuah hutan lindung yang memiliki kekayaan alam hayati, seperti hutan, sungai, dan lautan serta flora dan fauna.

"Kita semua berharap semoga area ini tidak hanya menjadi pusat pengembangan Insan Timah ataupun Insan BUMN saja, melainkan juga bisa menjadi daya tarik wisata edukasi bagi daerah dan Indonesia," demikian Yennita.

BIO

Bangka Island Outdoor (BIO) didirikan tahun 1993, BIO merupakan kawasan alam terbuka yang terletak di kawasan timur laut Pulau Bangka tepatnya di Dusun Air Antu, Desa Deniang, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka.

BIO merupakan Learning Development Center atau Pusat Pengembangan dan Pembelajaran milik PT Timah Tbk yang dikenal sebagai kawah candradimuka industri pertambangan dan pengolahan komoditas timah di Indonesia dengan konsep belajar di ruang terbuka.

BIO memiliki enam fasilitas utama yang berbasis alam, yakni kampung nelayan dan kawasan hutan mangrove sebagai experiental learning dari internalisasi nilai amanah, lokasi Batu Akhlak sebagai internalisasi nilai kompeten.

Selanjutnya lokasi Marina Bay untuk nilai harmoni, lokasi camping ground untuk loyalitas, lokasi outbound arena sebagai medium internalisasi nilai adaptif, dan terakhir lokasi Kampung Melayu sebagai medium internalisasi value kolaboratif.

BIO juga telah berhasil meningkatkan kapasitas dan kapabilitas ribuan sumber daya manusia (SDM) PT Timah Tbk, anggota MIND ID dan banyak BUMN lainnya.
Baca juga: Menteri BUMN apresiasi MIND ID inisiasi Bukit Akhlak di Bangka

Memiliki kontur alam yang unik, ada bukit, hutan, sungai dan pantai bebatuan serta difasilitasi oleh para trainer dan fasilitator terbaik, BIO pernah disebut-sebut sebagai salah satu area Outdoor Experience terbaik se-Asia Tenggara.

Selain klaster minerba BUMN, perusahaan BUMN dari klaster lainnya juga dapat memanfaatkan BIO AKHLAK Center sebagai fasilitas untuk penguatan dan internalisasi nilai-nilai AKHLAK. 

Pewarta: Aprionis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022