Purwokerto (ANTARA) - Ahli epidemiologi lapangan dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dr. Yudhi Wibowo mengingatkan perlunya berbagai terobosan dan program strategis guna mendukung program percepatan vaksinasi COVID-19 selama Bulan Ramadhan.

"Menggencarkan vaksinasi malam hari serta vaksinasi jemput bola bisa menjadi contoh program percepatan vaksinasi COVID-19 selama bulan Ramadhan," kata dr. Yudhi Wibowo di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Ahad.

Dia juga mengapresiasi langkah pemerintah daerah, TNI dan Polri serta berbagai pihak lainnya yang ada di berbagai wilayah yang terus menggencarkan vaksinasi di bulan Ramadhan.

"Program vaksinasi di masjid-masjid, vaksinasi bagi pengguna jalan, hingga sosialisasi dengan mendatangkan tokoh agama terkait pelaksanaan vaksinasi di bulan puasa merupakan contoh terobosan yang perlu diapresiasi," katanya.

Baca juga: Biddokkes Polda Sulsel galakkan vaksinasi di masjid selama Ramadhan

Baca juga: Satgas sebut stok vaksin COVID-19 di Babel cukup selama Ramadhan


Dengan adanya berbagai terobosan dan program strategis diharapkan dapat meningkatkan cakupan vaksinasi di masing-masing wilayah.

"Sosialisasi yang terus menerus dilakukan juga diharapkan makin menyadarkan masyarakat bahwa vaksinasi memiliki manfaat yang sangat besar," katanya.

Terlebih lagi, kata dia, vaksinasi COVID-19 akan memberikan perlindungan optimal bagi masyarakat yang akan segera merayakan hari kemenangan.

"Saat Lebaran tentunya terdapat potensi peningkatan mobilitas penduduk, sehingga untuk memberikan perlindungan dari potensi penularan COVID-19 maka melengkapi diri dengan vaksinasi sangatlah penting, mulai dosis pertama hingga ketiga," katanya.

Selain vaksinasi, Yudhi juga mengingatkan masyarakat agar selalu bersikap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna memperkecil risiko terpapar COVID-19.

Pengajar di Fakultas Kedokteran Unsoed itu menambahkan agar lansia dan kelompok rentan lainnya perlu terus menjadi prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi.

"Vaksinasi COVID-19 penguat atau dosis ketiga dapat meningkatkan perlindungan terhadap kelompok lansia khususnya yang memiliki komorbid. Karenanya program vaksinasi COVID-19 bagi lansia harus terus digencarkan guna mempercepat target kekebalan kelompok," katanya.

Selain itu ia juga mengingatkan agar pemerintah daerah memanfaatkan program posyandu lansia di tiap desa/kelurahan untuk mempercepat laju vaksinasi bagi lansia.

"Pemerintah daerah juga dapat memanfaatkan program Prolanis atau Program Pengelolaan Penyakit Kronis dan Posbindu atau Pos Binaan Terpadu untuk mendorong percepatan vaksinasi bagi lansia," katanya.*

Baca juga: Dinkes Purbalingga ajak warga ikut layanan vaksin di bulan Ramadhan

Baca juga: Polresta Surakarta sediakan 200 dosis vaksin penguat selama Ramadhan

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022