Jakarta (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengatakan umat Hindu turut membantu penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Saya menyampaikan terimakasih kepada umat Hindu yang telah berusaha, berikhtiar, bekerja keras membantu penanganan pandemi COVID-19, baik menghadapi dampak kesehatan maupun dampak ekonomi," kata Jokowi di Jakarta, Minggu.

Hal itu disampaikan Jokowi saat memberikan sambutan secara daring dalam kegiatan Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1944 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Jokowi mengatakan saat ini tren kasus aktif nasional terus mengalami penurunan. Jokowi berharap Indonesia secepatnya melakukan transisi dari pandemi menjadi endemi.

Baca juga: Ketua MPR dukung perayaan Dharma Santi Nasional di kompleks parlemen

Presiden berharap situasi yang membaik ini harus tetap dijaga dan dipertahankan dengan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan serta mempercepat capaian vaksinasi lengkap.

"Agar kita dapat melanjutkan agenda-agenda penting bangsa yang sempat tertunda karena pandemi," harap Jokowi.

Presiden juga mengucapkan selamat Dharma Santi Nasional Perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1944 kepada umat Hindu di seluruh Indonesia.

Baca juga: Menag ajak umat Hindu aktualisasi Tattwam Asi pada momentum Nyepi

"Peringatan Hari Suci Nyepi di masa pandemi merupakan momen penting bagi umat Hindu, untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada tuhan yang maha esa," jelas Jokowi.

Perayaan Hari Suci Nyepi tahun 2022 mengusung tema, aktualisasi nilai tat twan asi dalam moderasi beragam menuju Indonesia tangguh.

Hadir dalam perayaan itu Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Baca juga: Presiden: Selaraskan niat, pikiran, dan langkah untuk Indonesia Maju

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2022