Tangerang (ANTARA) - Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang, Banten, mengevakuasi ular piton sepanjang tiga meter dari kebun warga di Desa Serdang Wetan, yang sempat meresahkan masyarakat.

"Ular piton tersebut ditemukan warga di kebun di Rt 03, RW 04 kampung Kebon Kosong Desa Serdang Wetan, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang," kata Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir di Tangerang, Ahad.

Ia menjelaskan evakuasi ular piton itu berdasarkan laporan dari warga Serdang Wetan yang masuk melalui Pusdalops BPBD.

Menurutnya, ular piton tersebut sedang berada di lahan kebun setempat. Dalam proses evakuasi tidak berlangsung lama, dikarenakan warga setempat sudah terlebih dahulu mengamankan ular itu.

"Ular piton sudah diamankan warga di dalam karung. Menurut warga, ditakutkan ular piton itu lepas dan bisa mengganggu kegiatan warga," katanya.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan evakuasi dan penjemputan ular piton itu, pihaknya mengerahkan satu regu yang terdiri dari tiga personel.

"Tim yang mengevakuasi ular piton dari Regu B, Markas Komando Curug, personel tiga orang," tuturnya.

Ia menyebutkan pihaknya akan menyerahkan ular piton itu ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

"Petugas damkar di lokasi hanya mengevakuasi ular yang sudah di dalam karung. Kami hanya mengamankan, ditakutkan bisa ganggu warga," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2022