Jakarta, 25/10 (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C. Sutardjo meminta para pejabat senior negara-negara anggota Coral Triangle Initiative (CTI) dan dan CFF (Coral on Fisheries and Food Security) untuk dapat meningkatkan kerjasama sebagai dasar hukum dalam membentuk Sekretariat permanen Regional CTI-CFF. Demikian disampaikan Sharif saat membuka Pertemuan Tingkat Pejabat Senior Negara (Senior Official Meeting) ke-7 CTI-CFF yang juga dihadiri negara dan organisasi donor CTI-CFF, seperti Amerika, Australia, dan LSM di Jakarta hari ini (25/10). Menurut Sharif, dengan menciptakan kerja sama yang baik maka CTI-CFF bersama mitra kerjanya dapat menentukan langkah lebih lanjut dalam mendapatkan pengakuan di komunitas internasional, khususnya yang terkait dengan penanganan terumbu karang, perikanan, dan ketahanan pangan. Dengan menyepakati dokumen hukum dalam pembentukan Sekretariat Regional maka CTI-CFF dapat melakukan mobilisasi sumber pendanaan baik dari negara anggota maupun yang berasal dari negara donor.

     "Setelah menyepakati dan menandatangani dokumen hukum pembentukan Sekretariat Regional CTI-CFF, saya berharap para pejabat senior dalam pertemuan kali ini juga dapat menentukan mekanisme instrumen kerja agar sekretariat dapat menjalankan fungsinya sesegera dan sebaik mungkin", ungkap Sharif. Lebih lanjut Sharif menyatakan, Presiden RI telah berkali-kali meminta kepada Menteri Kelautan dan Perikanan untuk melaporkan perkembangan yang menyangkut pembentukan Sekretariat Regional CTI-CFF yang bertempat di Manado, Indonesia. "Untuk itu dalam pertemuan tingkat pejabat senior kali ini saya menekankan agar segala permasalahan yang menyangkut pembentukan Sekretariat dapat diselesaikan dan disepakati bersama sehingga Jumat pagi nanti (28/10) hal tersebut dapat disampaikan secara langsung kepada Presiden", ujar Sharif. Ia juga menambahkan, CTI-CFF akan kehilangan momentum yang sangat penting apabila dalam pertemuan kali ini tidak berhasil menyelesaikan isu-isu strategis terkait dasar-dasar hukum pembentukan Sekretariat Regional yang dikhawatirkan dapat mematahkan semangat banyak pihak, baik di dalam maupun di luar CTI-CFF.

     Pertemuan tingkat pejabat senior CTI-CFF yang ke-7 sedianya akan dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 25 - 26 Oktober 2011 di Jakarta dengan agenda utama menyepakati dokumen hukum pendirian Sekretariat Regional CTI dan CFF (Coral on Fisheries and Food Security) yang akan berlokasi di Manado. Usai pertemuan tingkat pejabat senior, pertemuan akan dilanjutkan ke Pertemuan Tingkat Menteri ke-3 pada tanggal 28 Oktober 2011 yang akan dihadiri oleh para menteri negara anggota CTI-CFF,yakni Indonesia, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Kepulauan Solomon, dan Timor Leste. Selain negara anggota CTI-CFF, pada pertemuan tingkat menteri kali ini juga akan dihadiri oleh pemerintah Amerika Serikat dan Menteri Australia selaku negara mitra serta Asian Development Bank (ADB), Conservation International, The Nature Conservation, dan World Wild Fund selaku mitra LSM. Rencananya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menerima audiensi dari para menteri negara-negara anggota CTI-CFF sebelum pelaksanaan pertemuan tingkat menteri.

     Untuk keterangan lebih lanjut silakan menghubungi Dr. Yulistyo Mudho, M.Sc,Kepala Pusat Data Statistik dan Informasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan (HP.0811836967).

 


Pewarta: Masnang
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2011