Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Komisi Pemilihan Umum Bernad Dermawan Sutrisno mengatakan bahwa pelantikan dan penerimaan anggota KPU Periode 2022-2027 merupakan momentum strategis bagi KPU untuk mempersiapkan Pemilu dan Pilkada 2024.

“Hari ini adalah momentum strategis kita semua untuk melakukan konsolidasi organisasi dengan adanya kepemimpinan baru dalam rangka KPU menyiapkan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024,” kata Bernad ketika menyampaikan sambutan dalam upacara penerimaan anggota Kepengurusan KPU 2022-2027, di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Selasa.

Ketika menyampaikan sambutannya, Bernard menyebutkan empat poin yang harus menjadi perhatian Kesekretariatan KPU ketika mempersiapkan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Baca juga: KPU targetkan penyelesaian peraturan Pemilu 2024

Hal pertama, tuturnya, meningkatkan iman dan takwa guna memaksimalkan segala pekerjaan dan aktivitas yang telah mereka rencanakan dan laksanakan.

“Pertama, pada Bulan Suci Ramadhan ini bagi seluruh umat Muslim, kita meningkatkan iman dan takwa dalam melaksanakan tugas-tugas,” ucapnya.

Poin kedua, menjaga etika dalam melaksanakan tugas, dalam hal ini menjaga Kode Etik Penyelenggaraan Pemilu dan Kode Etik Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam melaksanakan tugas-tugas kesekretariatan.

Baca juga: Presiden Jokowi lantik Anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027
Baca juga: DEEP ingatkan anggota KPU dan Bawaslu baru menjaga integritas


“Ini dalam rangka memberikan dukungan teknis dan administrasi kepada pimpinan,” ucapnya.

Poin ketiga, mengajak seluruh Kesekretariatan KPU agar bersama-sama menjalankan keputusan pleno KPU secara hirarki dan bertingkat.

Dengan demikian, katanya, dalam melaksanakan dukungan teknis administrasi, maka seluruh Kesekretariatan KPU memiliki dasar yang jelas, yaitu semua putusan pleno.

“Keempat atau yang terakhir, marilah kita bersama-sama membangun soliditas sebagai sebuah sekretariat yang melaksanakan tugas dalam rangka pelaksanaan dukungan teknis dan anggaran dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024,” tutur Bernad.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022