Jakarta (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengatakan, pihaknya menugaskan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad untuk "menguningkan" Indonesia bagian timur menuju pertaruhan Pilpres 2014.

"Saya memberikan penghargaan kepada kader Golkar yang tidak lagi berada di kabinet, Fadel Muhammad," kata Aburizal Bakrie dalam pembukaan Rapat Pimpinan Nasional II Partai Gokar di Ancol, Jakarta, Rabu malam.

Menurut dia, Fadel adalah sosok yang kapabel, gesit dan loyal terhadap partai. Fadel juga berani mengeluarkan kebijakan yang sangat penting, walaupun dalam masa tugas yang singkat.

"Fadel adalah sosok yang kapabel, mampu, gesit, produktif dan sangat loyal pada Partai Golkar. Sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel telah berhasil mengawali dengan beberapa gebrakan kebijakan yang sangat penting walaupun dalam masa tugas yang singkat," ujarnya.

Ical, sapaan akrab Aburizal Bakrie, juga memuji kinerja Fadel selama menjadi Gubernur Gorontalo, yang berhasil memajukan daerah itu. Karena itu, Ical mengamanahkan kepada Fadel untuk "menguningkan" Indonesia bagian timur menyongsong suksesi 2014.

Di bagian lain, Ical berharap kader Golkar yang menjadi pimpinan di daerah harus memberikan peran yang produktif dalam keseimbangan antara pusat dan daerah serta kebijakan nasional.

"Saya harapkan kader Golkar yang menjadi kepala daerah bisa mengangkat dan menyejahterakan rakyat di daerahnya masing-masing," katanya.

Dalam Rapimnas II Partai Golkar itu hadir seluruh jajaran partai, baik di daerah maupun pusat, termasuk Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Akbar Tandjung. (S037/S023)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011