Jakarta (ANTARA) - FAST, atau Five-hundred-meter Aperture Spherical radio Telescope, adalah teleskop radio terbesar di dunia. Ini bukan hanya pencapaian sains dan teknologi astronomi Tiongkok, tetapi menandai langkah penting dalam eksplorasi astronomi umat manusia.

Ilmuwan Tiongkok Nan Rendong pertama kali mengajukan gagasan membangun FAST pada tahun 1994. Dalam 12 tahun berikutnya, Nan dan timnya menyaring 391 lubang potensial di pegunungan Guizhou. Akhirnya, mereka memilih situs unik yang paling cocok untuk pembangunan FAST. Situs ini bebas dari hampir semua gangguan sinyal aktivitas manusia. Dan ada banyak gua kapur cekung yang membentuk "lubang pembuangan" alami yang dapat mendukung peralatan astronomi.

Untuk meningkatkan fleksibilitas teleskop, para ilmuwan Tiongkok secara mandiri mengembangkan reflektor otomatis, yang dapat menyesuaikan struktur jaring kabel untuk memungkinkan FAST menangkap sinyal secara otomatis dari luar angkasa.

Setelah FAST mulai beroperasi pada tahun 2017, semakin banyak ilmuwan, baik dari China maupun dari luar negeri, datang ke Guizhou. Sebagai penggemar berat eksplorasi ruang angkasa, vlogger Inggris Oli Barrett memulai perjalanan untuk menjelajahi FAST. Dia tercengang oleh teleskop radio yang sangat besar ini dan tersentuh oleh kisah ilmuwan Tiongkok Nan Rendong yang telah mengabdikan seluruh hidupnya untuk kemajuan ilmu pengetahuan.

Kontak: Zeng Wei
Tel:008610-68996566


Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022