Kediri (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Kediri, Jawa Timur, bekerja sama dengan Scaling-Up NCD Interventions in South-East Asia (SUNI-SEA) memberikan pelatihan kepada kader posyandu sehingga mereka mempunyai bekal pengendalian dan deteksi dini penyakit tidak menular.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kediri dr. Fauzan Adima di Kediri, Rabu, mengemukakan saat ini risiko penyakit tidak menular jumlahnya semakin banyak dan tidak terdeteksi di awal.

"Hal tersebut dapat menyebabkan proses penyembuhan memerlukan waktu yang lebih panjang serta biaya lebih besar," katanya.

Pihaknya juga terbantu SUNI-SEA yang mengadakan pelatihan dan bimbingan teknis kader Posbindu PTM (Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular). Kegiatan ini tentunya bermanfaat dan memberikan edukasi serta bekalan kepada kader posbindu.

Baca juga: Kemenko PMK: Penyakit tidak menular sebabkan kematian terbanyak

"Kami di Dinas Kesehatan Kota Kediri bersyukur jadi salah satu dari empat kota di Indonesia yang menjadi lokus penelitian yang dilakukan oleh SUNI-SEA Indonesia terkait skrining PTM di Kota Kediri," kata dia.

Fauzan mengatakan, pada praktiknya kader posbindu merupakan ujung tombak keberhasilan kegiatan skrining di masyarakat. Para kader bisa dibekali dengan aplikasi yang digunakan untuk melaporkan hasil skrining kepada Dinas Kesehatan Kota Kediri.

Pihaknya juga akan terus berupaya agar dapat mencapai hasil maksimal dalam skrining penyakit tidak menular di Kota Kediri.

"Saya berharap melalui kegiatan ini kesehatan masyarakat dapat terdeteksi sedini mungkin, agar apabila ditemukan hasil yang berpotensi menjadi suatu penyakit maka tidak sampai fatal," kata dia.

Narasumber dalam kegiatan itu dr. Ratih Puspita mengatakan jika kegiatan Posbindu PTM telah berjalan secara konsisten. SUNI-SEA akan mengadakan monitoring dan evaluasi guna mengetahui data-data risiko penyakit tidak menular di masyarakat Kota Kediri.

Baca juga: Kemenkes-Novartis jalin kerja sama pencegahan penyakit tidak menular

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Kota Kediri karena telah memberikan izin untuk fasilitasi kegiatan penelitian ini.

"Tindak lanjut dari kegiatan ini nantinya akan dilakukan diseminasi hasil penelitian kepada masyarakat," kata Ratih.

Dinas Kesehatan Kota Kediri bekerja sama dengan SUNI-SEA mengadakan pelatihan dan bimbingan teknis kader Posbindu PTM Kota Kediri. Kegiatan yang diikuti seluruh kader tersebut diselenggarakan di Ruang Rapat Joyoboyo secara disiplin protokol kesehatan.

SUNI-SEA merupakan proyek penelitian yang bekerja sama dengan delapan negara di dunia untuk mengembangkan strategi inovatif dalam usaha menekan epidemi penyakit tidak menular, terutama diabetes mellitus dan hipertensi di dunia.

Baca juga: Wapres: Pembiayaan penyakit tidak menular paling membebani JKN

Posbindu PTM ialah kegiatan yang melibatkan peran serta masyarakat dalam melakukan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Tujuannya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022