Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengharapkan revitalisasi yang sedang dilakukan di Pulau Belibis, Solok, Sumatera Barat (Sumber), nantinya bisa menjadikan kawasan tersebut sebagai destinasi wisata unggulan.

"Revitalisasi Pulau Belibis ini merupakan hasil kolaborasi dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang saat ini masih dalam proses,” ujar Menparekraf saat meninjau revitalisasi Pulau Belibis, di Solok, Sumbar, dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu.

Ia juga mengharapkan proses revitalisasi dapat meningkatkan populasi burung belibis guna menjadi daya tarik wisatawan.

Baca juga: Sandiaga dorong wisata Bukit Cinangkiak datangkan 1 juta wisatawan

Untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Pulau Belibis, ia menyarankan kawasan itu dapat menghadirkan ekowisata dan pengembangan olahraga air (water sport​​​​).

"Semua bisa kita lakukan dengan konsep pemulihan ekonomi pembukaan peluang usaha pascapandemi," kata Sandiaga.

Sebagai salah satu daerah yang bakal menjalankan program Kharisma Event Nusantara (KEN) dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan event Rang Solok Baralek Gadang, Menparekraf mengusulkan event itu dapat menghadirkan narasi tentang nilai-nilai luhur Kota Solok.

Baca juga: Sandiaga: Turis Australia puncaki jumlah kunjungan wisman ke RI

"Event ini harus mempunyai kekuatan cerita. Jadi, event bukan sembarang event, tapi harus ada narasi, misal kenapa Solok ini strategis, nah ini yang harus kita dorong," ucapnya.

Sementara itu, Wali Kota Solok, Zul Elfian menyampaikan pihaknya akan all out untuk menggelar KEN yang diadakan pada 22-25 September 2022 di Kota Solok.

"InsyaAllah pada September kita tampilkan all out semua potensi budaya Kota Solok dengan segala seninya," kata Elfian.

Baca juga: Sandiaga dorong pelaku ekraf otomotif bersaing di tingkat global

Baca juga: Sandiaga: Pembangunan hotel di "rest area" jalan tol jadi tren baru


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022