Sangata (ANTARA News) - Sebanyak 169 dari total 180 calon haji asal Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, yang tergabung dalam kloter 12 sudah berada di Mekkah, Arab Saudi.

"Sedangkan 20 calon haji yang tergabung dalam kloter 19 dan berangkat dari Bandara Sepinggan, Balikpapan, Jumat (28/10), baru tiba di Jeddah," kata Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kutai Timur, Suriansyah Hanafi, di Sangata, Sabtu.

Menurut Suriansyah Hanafi, jemaah haji asal Kutai Timur yang tergabung dalam kloter 12 sebanyak 169 orang sudah tiba di Mekkah, sedangkan 20 orang calon haji yang tergabung di kloter 19 baru tiba di Jeddah, Arab Saudi, Sabtu dinihari waktu Indonesia.

Suriansyah Hanafi mengatakan, seluruh jemaah calon haji asal Kutai Timur itu dalam kondisi sehat.

Diakuinya, ada beberapa orang yang mengalami pilek ringan tetapi sudah ditangani petugas medis dari Kutai Timur, sehingga tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit.

"Belum ada calon haji Kutai Timur yang dirujuk ke rumah sakit, karena tim medis dari Kutai Timur terus mengawasi dan melakukan penanganan dengan cepat dan tepat," kata Suriansyah Hanafi

Dikatakan Suriansyah, seluruh calon haji asal Kutai Timur yang telah berada di Arab Saudi yakni di Jeddah dan Mekkah, siap melaksanakan rangkaian tahapan ibadah haji.

Ditanya soal tempat penginapan jemaah, Suriansyah mengatakan, tempat atau pemondokan berjarak sekitar 800 meter dari Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi.

"Jaraknya sekitar 800 meter dari Ka`bah, namun tidak memengaruhi jemaah kita untuk tetap melaksanakan ibadah," katanya.  (ADI/A041)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011