Surabaya (ANTARA News) - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yon Mekanis Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau Indonesian Battalion (INDOBATT) memperingati setahun masa tugas di Lebanon.

Perwira Penerangan (Papen) INDOBATT Mayor Pasukan Banu Kusworo kepada ANTARA melalui surat elektronik dari Lebanon, Minggu, melaporkan setahun masa tugas di Lebanon itu diperingati dalam "Malam Inagurasi ke-2" di Rubb Hall Kompi Bantuan UN Position 7-1, Adshit Al Qusayr, Lebanon Selatan (26/10).

"Acaranya dibuka Komandan INDOBATT, Letkol Inf Hendy Antariksa, dengan ucapan terima kasih atas pengabdian dan dedikasi seluruh prajurit atas kesungguhannya dalam melaksanakan tugas selama ini dengan berbagai prestasi yang telah diraih," katanya, mengutip Komandan Indobatt.

Menurut Komandan Indobatt itu, suka duka penugasan yang telah dilewati bersama terhitung sejak pelaksanaan serah terima wewenang dan tanggung jawab (Transfer of Authority) pada 26 November 2010.

"Tidak semua prajurit TNI memiliki kesempatan mengemban tugas mulia sebagai pasukan penjaga perdamaian seperti yang sekarang dirasakan oleh para prajurit INDOBATT, karena itu hal tersebut patut disyukuri oleh setiap prajurit dan diaplikasikan dengan melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab," katanya.

Acara dimeriahkan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Komandan Indobatt, kemudian hasil potongan tumpeng diberikan kepada prajurit wanita TNI Serda Kowad Desty Kartika Ayu.

Selain itu, acara juga dirangkai dengan penyerahan piala kepada para juara lomba "Body Contest" prajurit INDOBATT yakni Komandan INDOBATT menyerahkan piala juara pertama kepada Praka Tato Siswanto.

Selain itu, piala untuk juara kedua diserahkan oleh Wadan Indobatt, Letkol Mar Harnoko, kepada Praka Hadi Mulyanto, sedangkan piala untuk juara ketiga diserahkan oleh Kasi Log Mayor Psk Deni Ramdani kepada Pratu Mar Jamal Lamanasa.

Suasana semakin penuh keakraban dengan berbaurnya para prajurit dengan Komandan dan Wadan INDOBATT untuk joget bersama, bahkan masyarakat lokal Lebanon, Salma, yang bertugas sebagai interpreter INDOBATT juga membawakan satu buah lagu.

Pagi harinya (27/10), Komandan INDOBATT Letkol Inf Hendy Antariksa menghadiri upacara "Medal Parade" Kontingen Kamboja (Cambcoy) di Markas Cambcoy UN POSN 7-3, Marjayoun, Lebanon Selatan, yang dipimpin oleh Komandan UNIFIL (Force Commander), Mayjen Alberto Asarta Cuevaz.

Siang harinya (27/10), Komandan Indobatt juga menghadiri upacara Sertijab (serah terima jabatan/Transfer Of Authority) Komandan Batalyon India (Indbatt) di Ebel El Saqi, UN Position 4-2, Marjayoun, Lebanon Selatan.

Komandan Batalyon India diserahterimakan dari pejabat lama, Kolonel Rajeev Kapur, SM kepada penggantinya, Kolonel Sachin Mehta, dengan inspektur upacara Komandan Sektor Timur UNIFIL, Brigjen Guitierrez Diaz De Otazu. (E011/I007)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011