... Tanggungjawab atas setoran uang keamanan dari PT Freeport itu ada di pundak para perwira tinggi Kepolisian Indonesia... sebanyak 14 juta dolar Amerika Serikat...
Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, menegaskan prioritas kebijakan untuk Papua saat ini adalah pemulihan keamanan.  Karena itu jangan ada pengalihan isu tentang bantuan uang PT Freeport Indonesia ke Kepolisian Indonesia.

"Saya setuju bahwa uang keamanan yang disetorkan PT Freeport untuk polisi nasional harus dipersoalkan dan dipertanyakan, namun prioritas utama adalah pemulihan keamanan demi terwujudnya suasana kondusif,"" katanya di Jakarta, Minggu.

Karena itu, kata dia, jangan hancurkan moral polisi di lapangan dengan pengalihan isu tentang setoran uang keamanan dari PT Freeport Indonesia.

Menurut dia, Komisi III DPR akan meminta penjelasan dan pertanggungjawaban dari Kapolri mengenai uang keamanan dari PT Freeport itu.

Menurut Bambang dukungan moral semua pihak kepada prajurit Polri maupun prajurit TNI amat dibutuhkan agar mereka bisa memukul mundur kelompok-kelompok bersenjata yang mengganggu keamanan dan ketertiban umum di Papua.

Tanggungjawab atas setoran uang keamanan dari PT Freeport itu ada di pundak para perwira tinggi Kepolisian Indonesia di Jakarta. Dana itu sebanyak 14 juta dolar Amerika Serikat perkuartal.

Setoran uang keamanan dari PT Freeport itu, tambahnya memang terasa janggal, namun kasus ini jangan sampai membuat semua pihak lupa untuk bersimpati kepada keluarga dan rekan-rekan almarhum mantan Kapolsek Mulya Ajun Komisaris Dominggus Awes.

"Ketegaran para prajurit akan rontok jika isu uang keamanan dari PT Freeport dijadikan persoalan utama saat ini. Mereka merasa dipersalahkan," kata Bambang Soesatyo. (J004)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011