Seoul (ANTARA News) - Jumlah pengguna ponsel pintar di Korea Selatan mencapai 20 juta orang pada pekan lalu, ketika sekitar 40 persen dari penduduk negara itu mendaftar untuk menggunakan perangkat mobile tersebut, kata regulator telekomunikasi negara itu, Minggu (31/10).

Data yang dirilis Komisi Komunikasi Korea (KCC) menunjukkan jumlah pengguna smartphone melebihi 20 juta orang hingga Jumat pekan lalu, dengan 10 juta diantaranya berlangganan kepada SK Telecom Co, penyedia layanan mobile terkemuka di negera itu.

Kemudian 6,8 juta orang berlangganan kepada KT Corp, dan 3,3 juta lainnya melanggani layanan LG Uplus Corp.
     
Jumlah tersebut juga menunjukkan bahwa lebih dari 80 persen dari populasi aktif secara ekonomi di negara itu, yang berjumlah 25 juta orang, terdaftar sebagai pelanggan layanan wireless menggunakan ponsel pintar.

Pengguna smartphone telah meningkat tajam sejak kehadiran iPhone buatan Apple pada November 2009 di Korsel. Menurut KCC, jumlah pengguna perangkat tersebut pada akhir 2009 sebanyak 810 ribu, meningkat menjadi 7,2 juta pada akhir 2010.
     
Para ahli industri meramalkan pasar smartphone akan menjadi sektor dengan pertumbuhan tercepat di pasar layanan wireless yang jenuh di negara itu karena penyedia layanan berupaya fokus menawarkan layanan streaming data lebih cepat dan besar, LTE (long-term evolution), bagi pelanggan yang lebih awal mengadopsinya, demikian Reuters.

(SDP-12)

Penerjemah: Suryanto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011