Palembang (ANTARA News) - Satuan Kerja Pemerintah Daerah dan Badan Usaha Milik Negara serta Badan Usaha Milik Daerah di Palembang akan melakukan pembersihan secara bersama di sejumlah arena pertandingan (venue) yang akan digunakan bagi pesta olahraga SEA Games XXVI, pada 11-22 November mendatang.

"Kita akan melakukan pembersihan di venue SEA Games XXVI di Jakabaring," kata Ketua Indonesia SEA Games XXVI Organizing Committe (InaSOC) Sumatera Selatan H Muddai Madang di Palembang, Selasa.

Menurut dia, kegiatan pembersihan di sejumlah venue SEA Games XXVI akan dilaksanakan pada 3 November mendatang oleh tim dari SKPD, BUMN dan BUMD tersebut.

"Kegiatan itu, sekaligus kita menunjukkan bahwa masyarakat Sumsel solid dan saling bahu membahu demi suksesnya SEA Games XXVI," katanya.

Ia mengatakan, "Semua tempat akan dibersihkan, pokoknya bersih-bersih, termasuk membersihkan got-got di Jakabaring."

Sementara mengenai keberadaan kantin di depan venue aquatic apakah juga akan dibongkar, ia menyatakan semuanya harus dibongkar pada saat kegiatan bersih-bersih venue SEA Games XXVI tersebut.

Jadi, semuanya dibersihkan sebelum pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara itu digelar, tambahnya.

Berdasarkan pantauan ANTARA, sejumlah venue SEA Games di Jakabaring sudah dipasangkan kotak-kotak sampah terutama di dekat venue ski air.

Pada SEA Games XXVI Indonesia ini, Kota Palembang (Sumatera Selatan) dan DKI Jakarta menjadi tuan rumah bersama bagi penyelenggaraan pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Khusus Kota Palembang selain sebagai tempat pertandingan bagi 21 cabang olahraga, juga mendapat kehormatan dari Pemerintah Pusat untuk menjadi tuan rumah bagi acara pembukaan dan penutupan SEA Games XXVI pada 11-22 November mendatang. (SUS/A016)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011