Surabaya (ANTARA) - Ulama asal Jawa Timur Kiai Haji Anwar Zahid berpesan kepada kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) harus selalu bekerja ikhlas dan tulus melayani masyarakat demi kesejahteraan bangsa Indonesia.

Ini disampaikan kiai asal Bojonegoro tersebut saat berceramah dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Darussalam di Kompleks Kantor DPW PKB Jatim di Surabaya, Sabtu malam.

"Dalam momen Ramadhan ini, kader PKB harus terus bekerja ikhlas. Melihat situasi sekarang di Indonesia, kader PKB harus tulus dalam perjuangan, itu yang terus akan membesarkan partai," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir pengurus DPW PKB Jatim, anggota Fraksi PKB DPRD Jatim, serta ratusan warga sekitar.

Ketua DPW PKB Jatim Abdul Halim Iskandar menjelaskan bahwa partainya rutin menggelar peringatan Nuzulul Qur’an dan diharapkan menjadi momen kader untuk memperkuat iman, khususnya di bulan Ramadhan.

Selain pengajian, pada bulan suci pihaknya juga bersama kader bersilaturahim melalui buka puasa bersama, termasuk melakukan konsolidasi kepengurusan.

"Dan pada peringatan Nuzulul Qur’an itu rutin, kebetulan tahun ini COVID-19 sudah semakin melandai sehingga kami menggelar pengajian dengan Kiai Anwar Zahid," kata Gus Halim, sapaan akrabnya.

Politikus yang saat ini menjabat sebagai Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) tersebut berpesan kepada kader PKB di Jatim agar terus turun menyapa warga dan membantu kesulitan masyarakat, terutama yang terdampak COVID-19.

Di tempat sama, Sekretaris DPW PKB Jatim Anik Maslachah mengatakan kader PKB yang saat ini menjabat sebagai legislatif atau eksekutif harus memberi manfaat kepada umat.

"Seperti disampaikan Kiai Anwar Zahid dalam ceramahnya tadi. Yang jelas, intinya adalah peringatan Nuzulul Qur'an penting bagi PKB, karena PKB lahir dari NU maka ikhtiar lahir tidak cukup dan harus diperkuat dengan batin," tuturnya.

"Ada satu harapan Kiai Anwar Zahid kepada kami, bahwa jabatan itu harus diniati sebagai bentuk ibadah yang memberikan kemanfaatan sesama manusia," kata Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut menambahkan.

Sementara itu, turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Fraksi PKB Jatim Fauzan Fuadi, Ketua Komisi B Aliyadi, serta sejumlah kepala daerah dari PKB, antara lain Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan Bupati Pamekasan Badrut Tamam.

Baca juga: F-PKB: Ramadhan momentum lebih peduli terhadap sesama
Baca juga: Komisi II belum jadwalkan pelantikan pimpinan pascarotasi F-PKB


Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022