akarta (ANTARA News) - GFTN (Global Forest & Trade Network) yang merupakan jaringan WWF Indonesia telah menjadi mitra pemerintah dalam upaya membantu konservasi hutan dengan menghalangi pembalakan liar (illegal logging).

"Hari ini WWF memperingati GFTN, yang merupakan network-nya WWF yang dimulainya sejak september tahun 1991, kita dalam hal GFTN telah membantu pemerintah menghalangi illegal logging," kata
Efransyah CEO WWF Indonesia dalam acara peringatan 50 tahun WWF dan diskusi bertajuk 20+ for Indonesia forest di pusat kebudayaan AS @America,Jakarta.

GFTN merupakan salah satu inisiatif WWF untuk mengeliminasi pembalakan liar dan mendorong peningkatan manajemen hutan.Dengan memfasilitasi jaringan perdagangan antar perusahaan yang berkomitmen dalam mencapai dan mendukung kehutanan bertanggungjawab.

GFTN menciptakan kondisi pasar yang membantu konservasi hutan-hutan bernilai tinggi dan terancam serta memberikan keuntungan ekonomi dan sosial bagi bisnis dan orang orang yang bergantung pada hutan. Selain itu GFTN juga menjunjung tinggi sertifikasi hutan yang independen, berbasis multi pihak sebagai sebuah alat yang penting dalam mendorong manajemen hutan dan perdagangan produk-produk kayu yang bertanggung jawab sepanjang rantai bahan baku.

Tujuan GFTN Indonesia adalah untuk mempromosikan pengelolaan hutan lestari, memenuhi permintaan kayu lestari Indonesia, Memediasi kesempatan kerjasama antara produser dan pembeli yang berkomitmen tinggi dalam memperoleh dan mendukung kegiatan kehutanan yang bertanggungjawab dalam jaringan global, memfasilitasi perolehan sertifikat oleh produser dan manufaktur di Indonesia.

"Kerja WWF Indonesia mendorong pelestarian hutan terutama ditempat HPH penting yang ada spesies dilindungi," katanya
(yud)

Pewarta: Yudha Pratama Jaya
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011