Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi menyiagakan petugas vaksinasi COVID-19 di pos-pos pengamanan mudik sebagai upaya meningkatkan capaian vaksinasi di daerah itu.

"Di pos-pos pengamanan mudik akan disiagakan petugas vaksinasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari dr Elvie Yennie di Batanghari, Senin.

Ia menjelaskan penyiagaan petugas vaksinasi di pos pengamanan mudik sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait dalam melakukan percepatan penanganan COVID-19.

Baca juga: Ramadhan dimanfaatkan genjot capaian vaksinasi lansia di Pati-Jateng

Vaksinasi di pos pengamanan mudik tersebut tidak hanya untuk pemudik, namun bagi masyarakat yang ingin mendapatkan vaksinasi juga dapat melakukan vaksinasi di pos tersebut, baik dosis pertama, dosis kedua, maupun vaksinasi penguat.

"Utamanya kita mengejar vaksinasi dosis kedua," kata Elvie.

Selain menempatkan petugas vaksinasi di pos pengamanan mudik, selama Ramadhan 1443 Hijriah, Pemerintah Kabupaten Batanghari melaksanakan program vaksinasi selepas Shalat Tarawih di masjid-masjid di desa dan kelurahan.

Hingga saat ini capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Batanghari untuk dosis pertama sudah 85 persen, dosis kedua 67 persen dari target vaksinasi 229.537 orang.

"Vaksinasi juga dilakukan secara rutin di puskesmas, masyarakat juga bisa melakukan vaksinasi di fasilitas kesehatan milik pemerintah dan klinik yang sudah ditunjuk," kata dokter Elvie.

Baca juga: Aceh fokus tingkatkan vaksinasi COVID-19 bagi anak selama Ramadhan
Baca juga: Capaian vaksinasi booster di Sulteng masih di bawah lima persen

Pewarta: Muhammad Hanapi
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022