Aceh fokus tingkatkan vaksinasi COVID-19 bagi anak selama Ramadhan

Aceh fokus tingkatkan vaksinasi COVID-19 bagi anak selama Ramadhan

Arsip - Petugas kesehatan memberikan vaksinasi COVUD-19 dosis pertama kepada anak-anak warga Aceh etnis Tionghoa di Museum Aceh, Banda Aceh, Aceh, Senin (17/1/2022). (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/YU)

Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Aceh menyebutkan pada April 2022 atau selama Ramadhan 1443 Hijriah fokus untuk meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 bagi anak usia 6-11 tahun agar bisa tercapai minimal 70 persen dosis dua.

“Jadi, fokus kita di bulan ini vaksinasi bagi anak usia 6-11 tahun untuk mencapai target 70 persen dosis dua di seluruh kabupaten/kota,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Aceh Iman Murahman di Banda Aceh, Jumat.

Pemerintah Aceh menargetkan vaksinasi anak sebanyak 581.929 jiwa. Saat ini yang telah melakukan vaksinasi dosis satu sebanyak 457.862 anak atau 78,7 persen dan dosis dua sebanyak 225.803 anak atau 38,8 persen.

Baca juga: Dinkes: 12.344 anak di Lhokseumawe sudah divaksinasi COVID-19

Dia menjelaskan Dinas Kesehatan Aceh telah mendapatkan tambahan dosis vaksin Sinovac sebanyak 256 ribu dosis dari pemerintah pusat, dan telah didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota pada Kamis (14/4).

Ia mengatakan vaksin Sinovac khusus digunakan untuk pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok anak. Karena, anak tidak diperkenankan menerima vaksin merek lain, seperti Pfizer, Moderna dan lainnya.

“Untuk anak, dosis satu baru 78 persen dan dosis dua juga masih sangat rendah," katanya.

Apalagi, kata Iman, pada pekan ini anak-anak di Aceh juga sudah mulai mengikuti sistem pembelajaran tatap muka di sekolah. Sehingga, diharapkan pelaksanaan vaksinasi bagi anak dapat berjalan dengan lancar.

“Sebanyak 256 ribu dosis ini lumayan banyak untuk kita distribusi, mudah-mudahan bisa kita laksanakan dengan baik vaksinasi pada anak ini,” katanya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Banda Aceh capai 113 persen

Baca juga: Penerima vaksin COVID-19 anak usia 6-11 tahun di Aceh capai 272.629


Selain menggenjot cakupan vaksinasi bagi anak, lanjut Iman, pada April ini pihaknya juga menggencarkan peningkatan cakupan vaksinasi penguat bagi lanjut usia dan masyarakat umum yang baru mencapai 11 persen dari target 3,5 juta jiwa.

“Percepat capaian vaksin penguat bagi lansia dan masyarakat umum ini juga sebagai persiapan untuk Lebaran,” kata Iman.

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Endang Sukarelawati
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar