Kami berharap, ajang seperti ini berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Omzet transaksi dalam dua hari Bazar Ramadhan Festival di Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari, Kepulauan Seribu Selatan pada Sabtu-Minggu (16-17/4) mencapai Rp25 juta.

"Di hari pertama omzet yang diterima sebanyak Rp16.356.500, kemudian di hari kedua kisaran Rp8.685.000. Produk UMKM yang dijual mulai dari kuliner, hasil kerajinan hingga produk herbal," ujar Kepala Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Sudin PPKUKM) Kepulauan Seribu Richard Bangun dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Bangun menilai dengan omzet mencapai puluhan juta rupiah tersebut, berarti ada perputaran ekonomi di Kepulauan Seribu yang bisa menjaga ketahanan pangan dan membantu UMKM binaan Jakpreneur untuk terus berkreasi dan berproduksi.

"Kami berharap, ajang seperti ini berkelanjutan agar pelaku UMKM Jakpreneur kami terfasilitasi dan dapat meningkatkan perekonomian keluarganya, serta berdampak pada ketahanan pangan di masyarakat," kata Bangun.

Baca juga: Bazar Ramadhan Festival Kepulauan Seribu hadirkan produk UMKM

Berbagai produk-produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kepulauan Seribu mulai dari pakaian, kerajinan, kuliner, hingga sembako murah diperkenalkan dalam kegiatan Bazar Ramadhan Festival tersebut.

Selain di Kelurahan Pulau Pari, katanya, kegiatan sejenis juga sudah dilakukan di Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara.

Sebelumnya, kegiatan bazar sudah berlangsung di Kelurahan Pulau Panggang dan Kelurahan Pulau Tidung pada 11-12 April.

Rencananya, bazar akan dilanjutkan dua kelurahan berikutnya yakni Kelurahan Pulau Untung Jawa dan Kelurahan Pulau Kelapa pada 23-24 April.

Baca juga: Disparekraf DKI siapkan bazar daring khusus UMKM di bulan Ramadhan

 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022