Kupang (ANTARA News) - Gubernur Nusa Tenggara Timur, Frans Lebu Raya mengatakan, gagasan untuk menggelar Sail Komodo 2013 sesungguhnya untuk membuka jalan bagi peserta sail agar bisa sampai ke pulau-pulau di daerah itu.

Di pulau-pulau, kata Gubernur NTT di Kupang para wisatawan bisa mengenal masyarakat, memahami berbagai keanekaragaman budaya yang ada, menikmati keindahan alam dan pesona wisata baik alam, bahari dan wisata religi serta antraksi budaya yang disunguhkan di setiap daerah sesuai karakteristik masing-masing daerah.

"Saat ini pemerintah memang sedang menggagas kegiatan Sail Komodo 2013. Kita berharap, Sail Komodo ini menjadi jalan bagi para peserta untuk bisa sampai ke berbagai pelosok pulau di NTT," katanya.

Selama beberapa tahun terakhir ini, para peserta Sail Indonesia hanya menjadikan NTT sebagai pintu masuk dan menyinggahi beberapa kabupaten seperti Kupang, Alor, Flores Timur, Maumere, Ende dan Manggarai.

Tetapi dengan penyelenggaraan Sail Komodo 2013, para peserta bisa lebih fokus singgah di pulau-pulau kawasan NTT dan menjadikannya sebagai destinasi baru bagi wisatawan di masa yang akan datang.

Gubernur juga mengharapkan adanya dukungan politik dari DPRD NTT untuk menyukseskan penyelenggaraan Sail Komodo 2013.

Mengenai penggunaan nama Sail Komodo, dia mengatakan, karena nama binatang raksasa itu sudah mendunia setelah ditetapkan sebagai salah satu finalis tujuh keajaiban dunia (News Seven Wonder).

(ANT)


Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011