Seluruh sarana lokomotif dan kereta tersebut telah melewati berbagai tahapan perawatan serta pemeriksaan khusus jelang angkutan Lebaran
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta memastikan seluruh sarana kereta dalam kondisi andal dengan menyiapkan 329 unit sarana yang terdiri atas 45 lokomotif dan 284 kereta penumpang serta bagasi untuk mendukung angkutan Lebaran 2022.

"Seluruh sarana lokomotif dan kereta tersebut telah melewati berbagai tahapan perawatan serta pemeriksaan khusus jelang angkutan Lebaran," kata Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Eva mengatakan, KAI telah menetapkan masa angkutan Lebaran 2022 selama 22 hari mulai 22 April sampai 13 Mei 2022 atau H-10 hingga H+10 Lebaran.

Pada momen tersebut rata-rata akan terdapat 59 KA per hari yang beroperasi dengan ketersediaan tempat duduk sekitar 33 ribu per hari untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen.

Adapun perawatan sarana lokomotif dan kereta di Daop 1 Jakarta memiliki 3 dipo lokomotif, 3 dipo kereta dan gerbong serta Balai Yasa Manggarai untuk perawatan besar.

"Selain melakukan pemeriksaan khusus, proses perawatan rutin juga telah diprogramkan untuk seluruh sarana lokomotif dan kereta yang dilakukan secara berkala yakni perawatan harian, 3 bulanan, 6 bulanan serta 1 tahunan," ujarnya.

Lanjut dia, sejumlah pengecekan juga dilakukan, di antaranya pemeriksaan motor diesel, kelistrikan, sistem pengereman dan 9 item yang wajib berfungsi saat lokomotif berjalan seperti lampu sorot, suling lokomotif, wiper, lampu kabin, radio lokomotif, deadman pedal, GPS, speedometer, dan pengereman.

Ia memastikan seluruh sarana di Daop 1 Jakarta juga telah melalui proses pemeriksaan kelaikan kesiapan operasi atau ramp check sarana perkeretaapian angkutan Lebaran yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub.

PT KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan, kenyamanan, keamanan dan kelancaran operasional perjalanan kereta api melalui sejumlah upaya yang dilakukan salah satunya dari keandalan sarana kereta dan lokomotif.

"Melalui seluruh proses yang telah dijalankan, Daop 1 Jakarta meyakinkan seluruh ketersediaan sarana kereta dan lokomotif yang akan dioperasikan pada masa angkutan Lebaran dalam kondisi baik," ujarnya.

Baca juga: KAI berikan diskon tiket Lebaran hingga 60 persen
Baca juga: KAI: Angkutan barang naik 14,4 persen pada triwulan I 2022
Baca juga: KAI prediksikan arus mudik tahun ini akan lebih tinggi

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022