Jadi, kita harus lebih berhati-hati
Jakarta (ANTARA) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengimbau masyarakat untuk mengikuti aturan mudik yang telah ditetapkan, demi membantu, sekaligus mengantisipasi lonjakan COVID-19 pasca Idul Fitri 1443 Hijriah.

Saat menjalani mudik, katanya, di Jakarta, Senin, masyarakat diminta untuk sudah bervaksin dosis penguat (booster), serta menjaga penerapan protokol kesehatan demi mencegah penularan COVID-19.

"Iya, itu juga jadi perhatian kita terkait potensi lonjakan pascamudik. Itu jadi perhatian pemerintah pusat dan pemerintah daerah dan satgas pusat," ujar Riza. 

Dia juga mengingatkan warga yang mudik untuk bertanggung jawab atas kesehatan masing-masing karena momen Lebaran merupakan waktu berkumpul dengan sanak saudara.

"Karena kita mempunyai sanak saudara keluarga yang mungkin umurnya sudah cukup tua, orang tua, nenek, kakek. Jadi, kita harus lebih berhati-hati, jangan sampai kehadiran kita, ke kampung justru membawa COVID-19. Itu yang selalu diingatkan," ucapnya.

Baca juga: Polda Metro pastikan tidak ada penyekatan mudik tahun ini

Dalam periode mudik ini, Pemprov DKI Jakarta sudah menyiapkan mudik gratis bagi warga dan hingga saat ini sudah ada 6.500 orang yang mendaftar.

Riza menyebut bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan akan menambah kuota mudik gratis dengan mempertimbangkan kondisi dan kemampuan Pemprov DKI Jakarta.

"Nanti kita akan lihat dan komunikasikan dengan pak Kadis, sejauh mana potensi yang mudik dan juga kemampuan kita ya," ucap Riza.

Pemerintah sendiri memperkirakan bahwa jumlah pemudik tahun ini bisa mencapai 85 juta orang.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi jumlah pemudik tahun ini diperkirakan sebanyak 85 juta orang, sementara untuk pemudik Jabodetabek ada 14 juta orang dengan yang akan menggunakan kendaraan pribadi diperkirakan sejumlah 47 persen.

Baca juga: Anggota DPR ingatkan potensi kemacetan di arus mudik Lebaran 2022

Jokowi mengatakan pemerintah akan bekerja keras untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk perjalanan pemudik tahun ini dengan diperkirakan ada 23 juta mobil pribadi dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan saat mudik di Pulau Jawa saja.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022