Jakarta (ANTARA News) - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) kembali menerima penghargaan sebagai juara umum Anugerah Media Humas 2011 dari Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah (Bakohumas) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI.

Siaran pers Telkom, di Jakarta, Kamis menyebutkan, penghargaan diserahkan Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo, Freddy H. Tulung selaku Ketua Umum Bakohumas pada acara Pertemuan Tahunan Bakohumas Tingkat Nasional di Bali, Rabu (26/10).

Pada kegiatan itu Telkom meraih tiga penghargaan dari lima kategori yang dilombakan yakni Laporan Kerja Humas, Kalender dan Merchandise Utama, sekaligus menyisihkan 149 peserta lain yang terdiri dari BUMN, Kantor-Kantor Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi Negeri.

Head of Corporate Communication & Affair Telkom, Eddy Kurnia mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi masyarakat yang diwakili Bakohumas terhadap kinerja Telkom, khususnya Unit Public Relations yang menangani komunikasi perusahaan.

"Penghargaan ini menunjukkan bahwa Telkom telah mampu mengimplementasikan strategi komunikasi dengan baik dan diakui oleh pihak eksternal," kata Eddy.

Menurutnya, setiap perusahaan maupun instansi Pemerintah harus mengubah pola komunikasi yang lama agar tercipta pola komunikasi bersama yang bisa memuaskan seluruh pemangku kepentingan (stakeholder).

"Seorang pejabat `public relations` diharapkan dapat memenuhi hak tahu masyarakat, mengakomodasi kepentingan para pemangku kepentingan serta melakukan pencitraan yang proporsional," tegas Eddy.

Ditambahkannya, peran `public relations` hendaknya mampu melakukan sejumlah terobosan seperti melakukan riset, penetapan tujuan dan evaluasi serta memilih dan mengembangkan media kehumasan yang tepat agar dapat meningkatkan pelayanan informasi yang komprehensif kepada publik.

Dengan tema "Tata Kelola Government Public Relations dalam Rangka Sinergitas Pelayanan Informasi Publik" forum tahunan Bakohumas Pemerintah ini diselenggarakan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkominfo dan diikuti Perusahaan BUMN, Kantor-Kantor Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi Negeri.

(T.R017/M026)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011