Bengkulu (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia Provinsi Bengkulu menyiagakan 30 relawan untuk membantu korban banjir yang merendam ratusan rumah di Kecamatan Lubuk Pinang, Kabupaten Muko Muko.

"Kami akan mengirim 30 relawan dari Bengkulu untuk membantu korban banjir Muko Muko," kata Sekretaris PMI Provinsi Bengkulu Jhoni Saputra.

Saat ini, kata dia, terdapat 10 orang taruna siaga bencana yang berada di lapangan membantu para korban banjir.

Selain menyiagakan realawan, PMI juga menyalurkan 50 paket peralatan mandi dan kesehatan untuk pada korban.

"Seharusnya bantuan ini disiagakan 250 paket untuk setiap kabupaten, tetapi sebagian didistribusikan untuk korban gempa Pulau Mentawai beberapa waktu lalu," katanya menjelaskan.

Jhoni mengatakan selain membantu para korban banjir, sebagian relawan yang diturunkan ke Muko Muko akan melakukan pendataan kebutuhan bantuan para korban banjir.

Sementara itu Asisten II Sekretaris Provinsi Bengkulu Zainal Abidin mengatakan penanganan banjir di Kabupaten Muko Muko sudah dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Khusus untuk penanganan banjir Muko Muko sudah dikoordinasikan dengan BPBD, kami juga mengantisipasi longsor yang memutus akses warga di beberapa titik," katanya.

KR-RNI/E005)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011