Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat waspada terhadap potensi hujan lebat yang bisa terjadi di kawasan pegunungan, pesisir timur dan lereng barat Sumatera Utara.

"Waspada hujan di pegunungan, pantai barat, lereng barat dan lereng timur yang dapat berpotensi mengakibatkan longsor, banjir dan angin kencang," kata Prakirawan BBMKG Wilayah Medan, Utami Al Khairiyah di Medan, Selasa.

Secara umum cuaca Selasa siang berpotensi hujan ringan hingga sedang di Karo, Deli Serdang, Langkat, Dairi, Humbahas, Pakpak Bharat, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Tapanuli Selatan, Toba, Mandailing Natal, Asahan, Simalungun, Labuhanbatu, Labura, Labuhanbatu Selatan, Kepulauan Nias.

Baca juga: 24 titik panas di Sumatera Utara terpantau BMKG

Baca juga: BMKG: Terpantau 15 titik panas di wilayah Sumatera Utara


Sore-malam hari berpotensi hujan sedang-lebat di sebagian besar wilayah Sumatera Utara dan dini hari berawan pada sebagian besar wilayah di Sumut.

Suhu Udara 17.0-34.0 Derajat Celcius, kelembapan udara 60-95 persen, dan angin berhembus dari Barat Daya-Barat Laut dengan kecepatan 10-30 km/jam.*

Baca juga: BMKG ingatkan warga waspada hujan disertai angin kencang di Sumut

Baca juga: BMKG: Sebagian wilayah di Sumut berpotensi diguyur hujan malam hari

Pewarta: Juraidi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022