Padang (ANTARA) - Kepolisian Daerah Sumatera Barat mendirikan 89 pos dalam melayani masyarakat dalam arus mudik dan arus balik Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kepala Bidang Humas Polda Sumatera Barat, Komisaris Besar Polisi Satake Bayu, di Padang, Selasa, mengatakan, mereka membagi pos itu dalam tiga kategori yakni pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu dalam Operasi Ketupat Singgalang 2022 yang dimulai 28 April hingga 9 Mei 2022. 

Tahun ini diperkirakan lebih dari 85.000.000 warga Indonesia alias hampir 30 persen jumlah penduduk pulang kampung alias mudik ke kampung halaman masing-masing untuk berlebaran setelah dua tahun tidak bisa karena pandemi virus Korona-19.

Baca juga: Polda Kalteng maksimalkan posko pengamanan Operasi Ketupat 2022

Ia mengatakan, banyaknya warga Minang di rantau tentu membuat arus mudik dan arus balik tahun ini ramai apalagi setelah dua tahun perantau tidak pulang ke kampung halaman. “Kami prediksi memang arus lalu-lintas saat mudik maupun arus balik akan padat dan pos ini bertujuan memberikan kemudahan kepada pemudik,” kata dia.

Ia menyebutkan di Padang ada 10 pos yang didirikan Polresta Padang yakni enam pos pengamanan dan empat pos pelayanan. Kemudian Polres Pesisir Selatan mendirikan tujuh pos yang terdiri tiga pos pengamanan dan empat pos pelayanan. Polres Pasaman mendirikan satu pos pengamanan dan satu pos pelayanan.

Baca juga: Polres Pekalongan Kota siap urai kemacetan mudik Lebaran 2022

Setelah itu Polres Payakumbuh mendirikan dua pos pengamanan dan satu pos pelayanan, Polres Bukittinggi mendirikan tujuh pos pengamanan dan tiga pos pelayanan, Polres Tanah Datar mendirikan dua pos pelayanan dan satu pos pelayanan, Polres Sijunjung membut dua pos pengamanan, Polres Agam mendirikan 10 pos yang terdiri empat pos pengamanan dan enam pos pelayanan

Polres Solok Kota mendirikan dua pos pengamanan dan dua unit pos pelayanan, Polres Padang Pariaman membangun lima pos yakni empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan.

Kemudian lima pos dibuat Polres Mentawai di lima dermaga yang seluruhnya pos pengamanan di Dermaga Tuapejat, Sioban, Sikakap, Pokai dan Siberut.

Baca juga: Polres Cirebon dirikan tujuh pos pengamanan jalur mudik Lebaran

Polres Pasaman Barat membuat satu pos pengamanan dan satu pos pelayanan. Setelah itu Polres 50 Kota membuat dua pos pengamanan dan dua pos pelayanan. Polres Pariaman mendirikan dua pos pengamanan dan dua pos pelayanan.

Kemudian Polres Padang Panjang mendirikan tujuh pos yang terdiri dari empat pos pengamanan dan tiga pos pelayanan. Polres Sawahlunto mendirikan satu pos pengamanan dan dua pos pelayanan.

Baca juga: Kabupaten Bogor dirikan 18 pos pengamanan mudik Lebaran

Setelah itu Polres Dharmasraya mendirikan dua pos pengamanan dan satu pos pelayanan. Polres Solok Selatan mendirikan tiga pos pengamanan dan Polres Solok membuat dua pos pengamanan.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022