Jakarta (ANTARA News) - Ribuan umat Islam Jakarta dan sekitarnya, Minggu pagi, mulai memadati Masjid Istiqlal guna mengikuti shalat Idul Adha 1432 Hijriah.

Sekitar pukul 05.45 WIB tampak ribuan warga Jakarta dan sekitarnya telah berdatangan ke masjid terbesar di Indonesia itu dan duduk secara rapi menyusun baris-baris untuk shalat.

Mereka pada umumnya adalah para umat muslim yang ingin menghindari kemacetan saat menuju ke Masjid Istiqlal. Beberapa di antaranya bahkan mengaku telah tiba di Masjid Istiqlal seusai shalat subuh.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono juga dijadwalkan menunaikan shalat Idul Adha di Masjid Istiqlal.

Satu spanduk cukup besar di salah satu bagian masjid itu menyebutkan bahwa shalat Idul Adha akan diikuti tidak hanya oleh Kepala Negara dan Ibu Ani namun juga Wakil Presiden Boediono dan Ibu Herawati Boediono.

Oleh karena itu di sejumlah sudut masjid tampak pasukan pengamanan presiden dan wakil presiden serta anggota TNI dan kepolisian berjaga-jaga. Petugas juga memeriksa para pengunjung yang akan memasuki masjid.

Pada peringatan Idul Adha tahun lalu, Wakil Presiden Boediono tidak dapat bergabung dengan Presiden Yudhoyono untuk menunaikan shalat Idul Adha bersama oleh karena sedang kunjungan kerja ke Jepang dan Korea Selatan.

Pada peringatan Idul Adha 1432 Hijriah, Masjid Istiqlal menerima hewan kurban sedikitnya 61 ekor sapi dan 27 kambing dari masyarakat. Dua ekor sapi di antaranya berasal dari Presiden Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono.
(G003)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011