Paser (ANTARA) - Jumlah pendonor darah di kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) mengalami peningkatan selama Bulan Ramadhan.

“Jika di hari biasa per hari hanya 20 pendonor, selama Ramadhan bisa sampai 30 orang," kata Ketua PMI Kabupaten Paser dr Hadiwijaya di Tanah Grogot, Rabu.

Untuk pelayanan donor darah selama Ramadhan, PMI membuka layanan mulai pukul 08.00-10.00 Wita, dan pada malam harinya, mulai pukul 20.00-23.00 Wita.

“Keinginan pendonor cukup besar, karena donor darah ini secara medis tidak memengaruhi kesehatan, khususnya umat Islam yang saat ini sedang menjalani puasa,” ujar dia.

Baca juga: PMI Jember himpun 2.305 kantong darah hingga pertengahan Ramadhan

Sebagai bentuk terima kasih, PMI memberikan parsel atau paket Ramadhan kepada para pendonor.

“Parsel yang tersedia merupakan sumbangan dari para donatur, jika nanti paket sudah habis, kami coba ganti dengan minyak goreng,” kata Hadiwijaya.

Saat ini, kata dia, stok darah di PMI Paser sebagian besar didistribusikan untuk keperluan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panglima Sebaya, yang setiap bulan PMI bisa mengumpulkan 500 kantong darah untuk didistribusikan.

Tertanggal 20 April 2022, stok darah di PMI masih ada 106 kantong darah terdiri atas 34 kantong darah golongan A, 46 kantong golongan B, 34 golongan O, dan dua kantong darah golongan AB.

Untuk meningkatkan pelayanan, lanjut Hadiwijaya, PMI Paser terus berbenah sehingga pelayanan sesuai standar nasional mulai dari melengkapi peralatan yang ada hingga pembenahan dalam perekrutan relawan.

Baca juga: PMI siapkan hadiah kejutan untuk pendonor di bulan puasa
Baca juga: PMI Makassar kembali buka gerai donor di masjid selama Ramadhan

Pewarta: Gunawan Wibisono/R.Wartono
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022