Kediri (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 7 Madiun, Jawa Timur, memberikan bantuan berupa paket bahan pokok serta perlengkapan ibadah untuk warga tidak mampu di Desa Setonorejo, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, dalam program bantuan dana bina lingkungan KAI berbagi berkah pada Ramadhan 1443 Hijriah.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko mengemukakan program ini diberikan sebagai bentuk perhatian perusahaan kepada warga.

"Melalui bantuan TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan) ini kami harap bisa membantu warga kurang mampu khususnya yang terdampak langsung pandemi COVID-19," katanya setelah penyerahan bantuan di Desa Setonorejo, Kecamatan Kras, Kabupaten Kediri, Rabu.

Ixfan juga menambahkan bantuan itu berisi bahan pokok serta perlengkapan ibadah. Bantuan diberikan untuk 1.000 warga yang kurang mampu senilai Rp200 juta.

Dia berharap bantuan itu bisa bermanfaat untuk warga.

Baca juga: KAI salurkan Rp378 juta untuk masjid sekitar reaktivasi rel di Garut

"Meskipun bantuan ini jumlahnya tidak seberapa, semoga bisa dimanfaatkan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin," kata Ixfan.

Pihaknya juga tetap mengingatkan warga terkait dengan keselamatan di perlintasan sebidang. Hingga kini hal itu masih menjadi perhatian oleh PT KAI, karena masih rendahnya kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas di perlintasan sebidang.

Ia berharap kepada warga penerima bantuan untuk turut serta membantu sosialisasi bahaya menerobos perlintasan sebidang dan bahaya beraktivitas di sekitaran rel kepada masyarakat.

Dia juga meminta doa kepada warga agar perjalanan kereta api berjalan dengan lancar, memasuki masa angkutan Lebaran 2022.

"Kami juga memohon doa dari bapak/ibu sekalian agar perjalanan KA bisa berjalan dengan aman dan lancar karena dalam waktu dekat ini kami akan memasuki masa angkutan Lebaran 2022," ujar dia.

Baca juga: KAI berikan bantuan senilai Rp328 Juta untuk porter stasiun

Bantuan tersebut diserahkan secara langsung oleh Vice President Daerah Operasi 7 Madiun Hendra Wahyono didampingi tim komite Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Daop 7 Madiun kepada perwakilan warga.

Bantuan itu diserahkan secara simbolis guna mengantisipasi kerumunan warga, karena saat ini masih pandemi COVID-19. Ada beberapa warga yang menerima bantuan, sedangkan untuk sisanya dikirim panitia ke tujuan.

Sementara itu, Langkir Noto Kusumo, perwakilan dari warga, mengatakan berterima kasih kepada PT KAI karena telah memberikan bantuan 1.000 paket bahan pokok dan perlengkapan ibadah kepada warga kurang mampu.

Ia berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik dan meringankan beban warga kurang mampu.

Baca juga: KAI bantu kontainer pengangkut sampah untuk DLH Kota Madiun

"Mewakili warga, kami mengucapkan banyak terima kasih atas kepedulian dari PT KAI. Semoga apa yang diberikan dapat bermanfaat untuk kami semua. Kami mendoakan yang terbaik untuk PT KAI, semoga selalu diberikan kelancaran dan keselamatan dalam mengantarkan penumpang hingga sampai tujuannya," katanya.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022