Surabaya (ANTARA News) - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Yonmek Kontingen Garuda XXIII-E/UNIFIL atau Indonesia Battalion (INDOBATT) merayakan Hari Raya Idul Adha 1432 Hijriah secara serentak di tiga daerah operasi INDOBATT di Lebanon Selatan.

Perwira Penerangan (Papen) INDOBATT Mayor Pasukan Banu Kusworo dalam surat elektronik kepada ANTARA dari Lebanon, Senin, melaporkan perayaan diawali dengan Shalat Idul Adha pada tiga wilayah operasi INDOBATT.

Tiga wilayah operasi, yaitu di Markas Batalyon, UN Position 7-1, Adshit Al Qusayr (untuk Kompi Mekanis Delta, Kompi Mekanis Eagle, Kompi Bantuan dan Mayon); di Markas Kompi Mekanis Alpha, El Addaiesse UN Position 9-63; dan di Markas Kompi Mekanis Charlie, Az Ziqiyah UN Position 9-2.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha bagi prajurit TNI di markas batalyon dipusatkan di Rubb Hall Kompi Bantuan, lalu acara dilanjutkan dengan ceramah keagamaan dengan menampilkan penceramah Pabintal INDOBATT, Mayor Sus Achmad Evi Mukafi SAg.

Penceramah menceritakan kisah Nabi Ibrahim AS yang diuji keimanannya oleh Allah SWT dengan mendapatkan perintah melalui mimpinya untuk menyembelih putra tercinta satu-satunya, Ismail.

"Tiga makna yang patut kita tiru dari kisah ini adalah keimanan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT, ketaatan seorang istri (Hajar) kepada suami, serta keshalehan seorang anak yaitu Ismail terhadap orang tuanya," katanya.

Shalat Idul Adha diikuti oleh Komandan INDOBATT, Letkol Inf Hendy Antariksa, Wadan Letkol Mar Harnoko, para perwira staf, para Komandan Kompi dan segenap prajurit TNI yang sedang mengemban misi perdamaian PBB di wilayah Lebanon Selatan.

Di Indonesia, Prajurit Korps Marinir Pasmar-1 bersama ribuan warga masyarakat sekitar juga melaksanakan Shalat Idul Adha di Lapangan Apel Trian Sutedi Senaputra Karang Pilang, Surabaya (6/11).

Setelah Shalat Idul Adha usai, acara dilanjutkan penyerahan hewan kurban oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington sebanyak delapan ekor sapi dan 24 ekor kambing kepada panitia Masjid Al-Huda, Karang Pilang, Surabaya.

Shalat Idul Adha itu diikuti oleh Komandan Pasmar-1 Brigadir Jenderal TNI (Mar) A. Faridz Washington, Wadan Kobangdikal Brigadir Jenderal TNI (Mar) P Verry Kunto G. SH, Kasgartap III Surabaya Brigjen TNI (Mar) Chaidier Patonnory Wakil Gubernur Akademi Angkatan Laut Kolonel Marinir Tommy Basari Natanegara, dan Asisten Kaspasmar-1 Danbrigif-1 Marinir Kolonel Marinir Amir Faisol.

(E011/I007)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011