Jakarta (ANTARA) - Jumlah perjalanan kereta kargo China-Eropa telah melampaui angka 15.000 pada 2021, naik 22 persen secara tahunan (year on year/yoy), yang menorehkan rekor baru sekaligus menyuntikkan dorongan ke dalam ekonomi dunia.

Hal tersebut berarti sedikitnya ada 40 perjalanan kereta kargo China-Eropa menuju tempat tujuannya masing-masing setiap hari.

Horgos, yang dikenal sebagai "stasiun transit milenium" di sepanjang Jalur Sutra kuno, berfungsi sebagai pelabuhan kereta api utama di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut.

Kereta kargo China-Eropa pertama berangkat dari Horgos pada Maret 2016. Sejak saat itu, kereta kargo dari seluruh negeri berangkat ke tujuan mereka di Asia dan Eropa melalui Horgos.

Pelabuhan pedalaman tersebut telah menangani lebih dari 20.000 perjalanan kereta kargo, yang kini menjadi sebuah pusat yang menghubungkan sejumlah pusat lainnya di luar China.

Kota Duisburg terletak di sepanjang tepi sungai Rhine dan Ruhr di Jerman barat. Sebagai salah satu tujuan kereta kargo China-Eropa, Duisburg berfungsi sebagai pusat yang menjangkau bagian lain Eropa.

Pada 2021 saja, layanan kereta kargo China-Eropa telah mengoperasikan 15.183 perjalanan kereta, naik 22 persen (yoy), yang menorehkan rekor baru. Kini, semakin banyak pengusaha China memilih untuk berinvestasi di Duisburg.

Menurut Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional China, hingga akhir Desember 2021, total 48.814 perjalanan kereta kargo China-Eropa telah mengangkut 4,432 juta TEU (twenty-foot equivalent unit) barang.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022