Aden (ANTARA News) - Sebuah kelompok militan di Yaman, Rabu, mengumumkan akan memproduksi dokumenter kehidupan mendiang ulama kelahiran AS Anwar al-Awlaqi.  Awal film itu akan didahului sebuah video berjudul "Pesan untuk rakyat Amerika."

Penyokong Syariat, nama kelompok radikal itu, menyebutkan 'satu film yang mengisahkan kehidupan Awlaqi akan dibuat dalam Bahasa Arab dan Inggris mengenai perannya dalam menghidupkan lagi ritus perang jihad di kalbu banyak pemuda muslim terutama di kalangan masyarakat Arab."

Anwar al-Awlaqi, yang adalah warga AS pertama yang menjadi daftar target pembunuhan, terbunuh pada 30 September dalam sebuah serangan udara di Yaman.

Film ini akan diproduksi oleh Sada al-Malahem, lengan media dari Al-Qaeda di Semenanjung Arabia (AQAP), kata kelompok radikal itu tanpa menyebutkan di mana film akan dibuat.

"Film ini akan termasuk sebuah video yang siar pertama di film itu dengan judul 'Pesan untuk rakyat Amerika' -- direkam dalam Bahasa Inggris oleh Sheikh Anwar sebelum kesyahidannya," demikian pernyataan yang disalurkan di lembah Rawda, basis terkuat Alqaeda di provinsi Shebwa, Yaman.

Para agen intelijen AS yakin bahwa Awlaqi dikaitkan dengan seorang mayor Angkatan Darat AS yang didakwa menembak mati 13 orang di Fort Hood, Texas, dan seorang mahasiswa Nigeria yang dituduh mencoba meledakkan sebuah maskapai AS pada 25 Desember 2009.

Awlaqi juga diyakini menjadi pemimpin operasi AQAP di luar negeri yang telah bersumpah untuk menuntut balas atas kematiannya.

AQAP memanfaatkan demonstrasi maut selama 11 bulan menentang Presiden Yaman Ali Abdullah Saleh untuk memperkuat keberadaaanya tidak hanya di Shabwa, bukan hanya dekat provinsi Marib dan Abyan.

Tentara Yaman bertempur melawan ratusan militan Penyokong Syariat di Abyan sejak mereka menguasai kota Zinjibar dan kota-kota berdekatan pada Mei.  (*)

Penerjemah: Jafar M Sidik
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011