Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin, Kalimantan Selatan menghijaukan wilayah kota setempat dengan melakukan penanaman sebanyak 450 pohon saat peringatan Hari Bumi 2022.

Plt Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Banjarmasin Wahyu Yons saat peringatan Hari Bumi di Muara Kelayan Banjarmasin, Jumat menyebutkan, saat ini kondisi bumi, termasuk Kota Banjarmasin, semakin gerah akibat efek rumah kaca dengan terjadinya pemanasan global lantaran mencairnya gunung es di Alaska.

"Kondisi gerah tersebut harus dibarengi dengan penanaman pohon agar kota ini lebih nyaman dan menjadi dingin," katanya.

Baca juga: Hari Bumi momen memilah sampah dari rumah

Karena itu, pada peringatan Hari Bumi juga kegiatan lainnya bersama komunitas lingkungan selalu dilakukan penanaman pohon.

Penamaman 450 pohon bukan saja dilakukan saat Hari Bumi di Muara Kelayan, tetapi juga ada di tepian 15 sungai oleh para pemangku sungai di Banjarmasin.

Baca juga: Warga Jakarta diajak pilah sampah peringati Hari Bumi 2022

Ketua Forum Komunikasi Hijau (FKH) Banjarmasin, Mohammad Ary menyebutkan, organisasi ini siap berkolaborasi dengan siapa saja, termasuk Pemkot Banjarmasin, untuk menghijaukan kawasan kota ini.

"FKH Banjarmasin melakukan pembibitan berbagai macam pohon, termasuk asam tamarin dari Thailand, dan siap menghijaukan kawasan di mana saja, namun sayang lokasi penghijauan di kota ini sudah terlalu sempit," ujarnya.

Baca juga: Wali Kota Pontianak tanam pohon peringati Hari Bumi Sedunia

Dalam aksi kolaborasi BLHD dan FKH Banjarmasin, Perkumpulan Hijau Daun, dan Komunitas Teratai ditanam aneka jenis pohon, selain rambai padi juga ada ramania, kasturi, putat, kelapa gading, juga pohon ulin.

Hari Bumi Sedunia, atau dikenal sebagai Earth Day, diperingati setiap tanggal 22 April.

Baca juga: Pembagian 1.000 anakan pohon warnai peringatan hari bumi di Maluku

Peringatan ini digagas oleh Senator Amerika Serikat yang juga pengajar lingkungan hidup Gaylord Nelson pada 1970 menandai lahirnya gerakan lingkungan hidup di zaman modern.

Hari Bumi dirayakan di seluruh dunia untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan.

Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia ini, yaitu bumi. ***3***

Baca juga: Rayakan Hari Bumi lewat ragam dokumenter National Geographic

Pewarta: Imam Hanafi/hasan zainuddin
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022