Selandia Baru dengan Kota Denpasar mempunyai banyak kemiripan dalam hal struktur daerah dan kebudayaan masyarakatnya.
Denpasar (ANTARA) - Wakil Wali (Wawali) Kota Denpasar, Provinsi Bali Kadek Agus Arya Wibawa menerima kunjungan Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett untuk membahas kerja sama di bidang pendidikan, pariwisata hingga "sister city".

Duta Besar (Dubes) Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Burnett di Denpasar, Jumat mengatakan Selandia Baru merupakan negara kepulauan di barat daya Samudera Pasifik, sekitar 1.500 kilometer di tenggara Australia, di seberang Laut Tasman dan lebih kurang 1.000 kilometer di selatan negara-negara Kepulauan Pasifik, yakni Kaledonia Baru, Fiji dan Tonga.

Ia memuji keindahan Pulau Bali. Terlebih lagi nama Pulau Bali serta Denpasar yang tidak asing bagi warga Selandia Baru.

Menurut dia Selandia Baru dengan Kota Denpasar mempunyai banyak kemiripan dalam hal struktur daerah dan kebudayaan masyarakatnya.

Ia mengatakan tujuan kunjungannya ke Kota Denpasar selain menjalin silaturahmi dan menjalin komunikasi yang lebih baik, pihaknya juga ingin menawarkan kerja sama dalam bidang pariwisata, pendidikan dan ekonomi kreatif.

Di samping itu pihaknya juga ingin berkolaborasi di bidang energi terbarukan, pelatihan SDM, pengembangan disabilitas, mitigasi, serta kerja sama "sister city" dengan kota di Selandia Baru.

Dubes lebih lanjut mengatakan pihaknya juga ingin menjalin hubungan persahabatan dengan Pemerintah Kota Denpasar.

"Kunjungan warga kami ke Bali sebelum masa pandemi setiap tahunnya mencapai ribuan orang untuk menikmati segala keindahan dan keramahtamahan penduduk Bali. Dengan demikian kami berharap hubungan persahabatan antara Selandia Baru dengan Kota Denpasar dan jalinan kerja sama di antara kita bisa berlanjut serta berjalan lancar, serta saya berharap yang terbaik untuk Kota Denpasar," kata Kevin Burnett.

Sementara Wawali Kota Denpasar Kadek Agus Arya Wibawa menyambut baik kedatangan Dubes Kevin Burnett, dan berharap dari kunjungan ini dapat berlanjut serta meningkatkan kerja sama dan jalinan persahabatan antara Kota Denpasar dengan Selandia Baru.

Ia mengatakan Kota Denpasar merupakan daerah tujuan pariwisata dan memiliki banyak kerja sama dengan negara-negara sahabat lainnya. Kunjungan ini juga merupakan kehormatan bagi Kota Denpasar karena Dubes Selandia Baru telah berkenan bertandang ke Kantor Wali Kota Denpasar.

"Kunjungan ini Dubes Selandia Baru dapat menjadi momentum bangkitnya kembali pariwisata, khususnya warga Selandia Baru serta mancanegara bisa menikmati kembali keindahan Bali, khususnya Denpasar dengan budaya dan keseniannya," demikian Kadek Agus Arya Wibawa.

Baca juga: Dubes Selandia Baru kagumi pembangunan berbasis budaya Kota Denpasar

Baca juga: WNA asal Selandia Baru diadili karena narkotika di PN Denpasar

Baca juga: Dinkes lacak WN Selandia positif Covid-19 yang sempat transit di Bali

Baca juga: Polresta Denpasar tangkap pengguna sabu asal Selandia Baru di Bali

 

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022