Jakarta (ANTARA) - Sebuah tungku pembakaran porselen yang berasal dari era Dinasti Sui (581-618) dan Dinasti Tang awal (618-907) telah ditemukan di Provinsi Shanxi, China utara, demikian menurut institut arkeologi provinsi tersebut.

Tungku pembakaran itu terletak di sebuah situs kota kuno di Distrik Jinyuan, Kota Taiyuan, ibu kota Shanxi. Kota bernama Jinyang tersebut merupakan salah satu daerah terpenting di era Dinasti Tang.

Institut itu mengatakan bahwa para arkeolog menemukan tungku pembakaran tersebut tahun lalu, dan setelah proses penggalian, tiga tungku pembakaran porselen, sembilan lubang, dan beberapa ribu potongan porselen ditemukan.
 
Foto dokumentasi tak bertanggal ini menunjukkan sebuah tungku pembakaran porselen di Distrik Jinyuan, Kota Taiyuan, ibu kota Provinsi Shanxi, China utara. (Xinhua/Institut Arkeologi Provinsi Shanxi


Para arkeolog menuturkan barang-barang seladon dan barang-barang porselen berglasir putih halus diproduksi di tungku pembakaran tersebut, yang sangat penting untuk mempelajari barang-barang porselen China di zaman kuno.

"Ada sangat sedikit tungku pembakaran yang mampu menghasilkan porselen putih halus selama periode ini. Pecahan barang-barang porselen putih yang digali itu menunjukkan adanya keterampilan yang sangat baik," kata Han Binghua, yang bertanggung jawab atas proyek penggalian tersebut.

"Tungku pembakaran porselen umumnya terpisah dari area permukiman, tetapi tungku pembakaran ini berada di dalam istana, dan itu sangat menarik," tambah Han. 
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022