Jakarta (ANTARA) - Bazar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) bertajuk "Jumat Beli Lokal" menggeliatkan aktivitas perdagangan di Pasar Seni, Taman Impian Jaya Ancol, Pademangan, Jakarta Utara 

Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan, sebanyak 407 produk UMKM diborong pembeli. Produk tersebut sudah ditingkatkan kualitasnya sehingga mampu meraih omzet dari belanja langsung (live shopping) hingga lebih dari seratusan juta rupiah.

"Yang pasti kualitas produk terus kami tingkatkan sehingga mampu bersaing," kata Ali.

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, Budi Aryanto mengatakan, rangkaian acara siaran belanja langsung yang diselenggarakan bersama Pemerintah Kota Jakarta Utara diharapkan mampu mengangkat kembali 70 seni di Pasar Seni Ancol, mulai dari seni lukis, patung, pahat dan kerajinan.

Hal itu sesuai dengan motto yang diusung pada bazar ini, yaitu "Senyum UMKM, Bahagia Kita Semua".

Sebanyak 185 pelaku UMKM yang tergabung dalam JakPreneur diikutsertakan untuk menyediakan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat menjelang perayaan Idul Fitri, mulai dari kue kering, fesyen dan kerajinan.

Baca juga: Jakarta Utara ingin Pasar Seni Ancol bergeliat lagi
Baca juga: Pendapatan Jumat Beli Lokal Jakarta Utara capai Rp340 juta


Selain itu, sejumlah produk kerajinan yang disatukan dalam bentuk bingkisan parsel yang dibutuhkan masyarakat saat berlebaran.

Taman Impian Jaya Ancol tercatat memiliki 250 mitra UMKM yang tergabung dalam JakPreneur.

"Jumat Beli Lokal" (JBL) ini menyesuaikan dengan euforia masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Semua produk di JBL kali ini sudah melalui tahap penyeleksian dari Unit Perangkat Kerja Daerah (UKPD) Jakarta Utara sebagai pengampu JakPreneur.

Taman Impian Jaya Ancol memberikan hadiah berupa masing-masing tiga tiket wahana Dunia Fantasi kepada lima orang terpilih yang menyaksikan rangkaian acara serta berpantun pada kolom komentar kanal YouTube Kota Jakarta Utara selama acara berlangsung.

Rangkaian prapemesanan JBL telah diselenggarakan sejak Minggu (17/4) sampai Selasa (19/4) lalu. Calon pembeli dapat memesan melalui laman Tokopedia JakPreneur Official Store atau bisa langsung kepada setiap JakPreneur melalui buku katalog yang bisa diakses melalui laman https://bit.ly/KATALOGJBLJUAPRIL2022.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022