Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan Bobby Nasution mengatakan ribuan warga mendaftar diri untuk ikut mudik gratis yang digelar Pemkot Medan, Sumatera Utara guna mengobati kerinduan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran tahun ini.

"Program mudik gratis baru dua hari pendaftaran, alhamdulillah sudah lebih dari 2.000 orang yang mendaftar. Ini akan terus kita buka sampai 25 April 2022," kata dia di Medan, Jumat (22/4).

Bagi warga Kota Medan, ujar dia, di antaranya buruh, pekerja, mahasiswa dan pelajar bisa memanfaatkan mudik gratis ini yang diberangkatkan di Lapangan Merdeka Medan pada 29, 30 April, dan 1 Mei 2022.

Baca juga: 5.000 warga telah mendaftar Mudik Gratis Polri

Untuk rute perjalanan Medan-Rantau Parapat-Kota Pinang-Gunung Tua-Sibuhuan, Medan-Parapat-Sipirok-Sidempuan-Panyabungan-Natal, Medan-Tarutung-Sibolga-Panyabungan, dan Medan-Sidikalang-Pak Pak Bharat.

"Yang pasti semua ketentuan pelaksanaan mudik bagi warga Kota Medan tetap kita jalankan. Mana yang belum divaksin, nanti kita vaksin. Nanti ada jadwalnya ke luar setelah mendaftar," kata Wali Kota Bobby.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan, Iswar Lubis, mengatakan mudik gratis ini sebagai bentuk perhatian Pemkot Medan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sejak dibukanya pendaftaran program ini pada 20 April lalu, ia menyebut, jumlah masyarakat Kota Medan yang mendaftar sudah berjumlah 3.389 orang.

"Alhamdulillah, antusias masyarakat mengikuti mudik gratis ini sangat tinggi. Banyak masyarakat mendaftar bersama keluarganya, karena sudah rindu dengan kampung halaman," kata Iswar.

Baca juga: Polda Lampung siap berikan pengawalan kepada masyarakat secara gratis
Baca juga: Bersiap mudik gratis
Baca juga: Jawa Timur sediakan layanan mudik gratis ke 15 daerah tujuan

Pewarta: Muhammad Said
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022