Jakarta (ANTARA News) - Atlet yang bertanding di SEA Games dipasok air minum "demineral" (tanpa mineral) yakni air minum yang sehat dan cocok untuk kondisi atlet sehingga mereka diharapkan tidak mengalami masalah kesehatan selama mengikuti pesta olahraga Asia Tenggara.

"Kami akan pasok 10.000 galon air demineral," kata pengusaha dari OSO Group, Oesman Sapta, yang memasok kebutuhan air demineral untuk Sea Games tersebut, di Jakarta, Kamis.

Oesman Sapta mengatakan air demineral yang diproduksinya dijamin murni dan tidak mengandung mineral seperti tidak mengandung zat besi. Air minum untuk SEA Games, katanya, harus memenuhi syarat kesehatan dan cocok untuk atlet sehingga atlet tidak menderita masalah kesehatan seperti sakit perut atau lainnya.

Ia mengatatakan, air demineral OSO, yang menjadi air minum resmi Sea Games 2011, betul-betul diproduksi dan dikemas untuk kepentingan para atlet dan cocok untuk masyarakat umum.

Ia mengatakan perannya tersebut benar-benar untuk kepentingan nasional. Hal yang sama, katanya, juga dilakukan oleh pengusaha lain untuk mendukung suatu kegiatan. "Tidak ada politik. Murni untuk olahraga," katanya.

Sementara itu Wakil Ketua Komite Tetap Kamar Dagang dan Industri Indonesia Meidya Amora mengatakan pengusaha juga terlibat untuk menyukseskan SEA Games. Salah satunya adalah ketika menyemarakkan kirab obor SEA Games di delapan kota. Para pengusaha daerah, katanya, turut berpartisipasi antara lain dengan mengadakan pesta rakyat. "Yang besar di Semarang dan Makassar," katanya.

Ia mengatakan pesta rakyat tersebut murni berasal dari sumbangan pengusaha dan tidak menggunakan dana APBN atau APBD.

Penyelenggaraan SEA Games kali ini adalah yang ke-26 dan akan dilaksanakan selama 11 hari terhitung sejak 11 November 2011 - 22 November 2011 di dua kota di Indonesia, Palembang dan Jakarta. Para atlet akan memperebutkan 542 medali emas dari seluruhnya 44 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Pada pertengahan Oktober lalu tercatat sebanyak 14.800 atlet dari 10 negara peserta SEA Games sudah terdaftar secara daring (dalam jaringan) sebagai atlet dan ofisial SEA. Jumlah tersebut belum termasuk jumlah atlet dan ofisial tuan rumah Indonesia yang mencapai 1.100 atlet dan ofisial.(ANT)


Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011