Kalau ada yang harus diganti, kita ganti. Tetapi sudah kita cek, semuanya dalam kondisi baik dan layak.
Mataram (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor Kota (Kapolresta) Mataram, Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) Kombes Pol Heri Wahyudi didampingi pejabat lainnya mengecek kelayakan kendaraan dinas yang akan digunakan dalam pengamanan mudik Lebaran 2022.

"Kalau ada yang harus diganti, kita ganti. Tetapi sudah kita cek, semuanya dalam kondisi baik dan layak untuk digunakan sebagai operasional lapangan," kata Kombes Heri, di Mataram, Sabtu.

Pengecekan kendaraan di halaman dalam Mapolresta Mataram itu meliputi pengecekan kondisi mesin, kelengkapan kendaraan, lampu strobo, rem dan sirine.

Selain itu, pengecekan berlanjut pada kelengkapan dan kesiapan personel, salah satunya surat izin mengemudi (SIM).

Wakil Kepala Polresta Mataram AKBP Syarif Hidayat yang turut mendampingi Kapolresta Mataram dalam pengecekan, mengingatkan personel perihal tanggung jawab mereka dalam mengoperasikan kendaraan dinas (randis).

"Jadi kesiapan randis ini wajib diketahui personel yang mengoperasikan. Harus tahu layak apa tidak, karena itu bagian keselamatan dan kesiapan di lapangan," ujar Syarif.

Begitu juga soal kelengkapan atribut berkendara maupun kendaraan dinas, seperti keseragaman helm, rompi, dan pelat kendaraan dinas harus tetap terpasang.

"Cek juga surat-surat kendaraan. Semua harus dijaga dan dirawat, agar mendukung keselamatan dan keamanan saat berdinas di lapangan," katanya lagi.

Pengamanan mudik Lebaran tahun ini digelar kepolisian dengan Sandi Operasi Ketupat Rinjani 2022. Kegiatan akan mulai dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota di NTB pada 28 April hingga 9 Mei 2022.
Baca juga: Kakorlantas minta masyarakat cek kendaraan jelang Operasi Ketupat 2022
Baca juga: Cek kendaraan sebelum berangkat liburan di musim hujan

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022