Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara beserta delegasi akan bertolak menuju Amerika Serikat pada 12 November 2011 untuk  menghadiri rangkaian pertemuan Para Pemimpin Ekonomi APEC atau KTT APEC ke-19 di Honolulu. KTT APEC akan berlangsung pada tanggal 12 dan 13 November 2011.

“Bagi Indonesia, KTT APEC di Honolulu ini menjadi penting untukmemastikan kemajuan dalam implementasi the Bogor Goals. Oleh karena itu, Indonesia akan mendorong disepakatinya the Bogor Goals Progress Report Guidelines guna memastikan ada kemajuan yang terukur bagi pencapaian the Bogor Goals di tahun 2020,” kata Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah dalam pernyataan pers.

Faizasyah menerangkan APEC di bawah keketuaan AS akan mengambil tema “21 Economies for the 21st Century" dengan 3 prioritas, yakni: Strengthening Regional Economic Integration (REI) and Expanding Trade; Promoting Green Growth; dan Advancing Regulatory Convergence and Cooperation.

Pembahasan Leaders akan juga mencakup isu-isu growth and jobs, regulatoray reform and competitiveness, energy efficiency and energy security.

Presiden RI juga telah dijadwalkan untuk bersama-sama PM Jepang, PM Kanada dan PM Singapura melakukan dialog dengan para pengusaha terkemuka di Asia Pasifik dibawah koordinasi ABAC (APEC Business Advisory Council).

Selain menghadiri pertemuan KTT APEC, Presiden RI juga akan mengadakan pertemuan dalam bentuk breakfast meeting dengan para pengusaha AS dan Indonesia. Pertemuan ini merupakan kesempatan bagi Indonesia untuk mendorong para pelaku bisnis dari kedua negara untuk meningkatkan kerjasamanya.

Presiden RI direncanakan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Kanada dan Presiden Rusia.
(ANT)

Pewarta: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011