Kota Meksiko (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri Meksiko Francisco Blake tewas dalam kecelakaan helikopter, Jumat, dan kematiannya merupakan pukulan bagi pemerintah dalam perang melawan kartel-kartel narkoba yang kuat.

Tayangan televisi menunjukkan puing-puing helikopter yang berserakan di sebuah perbukitan di daerah sebelah selatan ibu kota negara itu, lapor Reuters.

Pemerintah memastikan bahwa Blake dan seluruh orang yang berada di dalam helikopter itu tewas. Tidak disebutkan apa yang menyebabkan kecelakaan helikopter itu.

Meksiko saat ini sedang terlibat dalam konflik sengit dengan kartel-kartel narkoba yang menewaskan 45.000 orang dalam lima tahun terakhir dan Blake adalah anggota utama tim keamanan Presiden Felipe Calderon.

Ia adalah menteri dalam negeri kedua Meksiko dari kabinet Calderon yang tewas dalam musibah udara.

Pada 4 November 2008, Juan Camilo Mourino dan sejumlah orang tewas ketika pesawat kecil mereka jatuh di dekat sebuah jalan utama Kota Meksiko selama jam sibuk.

Penyelidik menyimpulkan bahwa pesawat Calderon terbang terlalu dekat dengan sebuah jet yang jauh iebih besar yang berada di depannya di jalur penerbangan untuk melakukan pendaratan di bandara Kota Meksiko, mungkin karena gangguan turbulensi yang fatal.

Blake bertugas pada Juli 2010, orang keempat yang menjadi meenteri dalam negeri di bawah rejim Calderon. (M014)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011