Kudus (ANTARA) -
Polres Kudus, Jawa Tengah menyiapkan Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran yang dilengkapi dengan fasilitas vaksinasi COVID-19 untuk memudahkan masyarakat, terutama pemudik yang hendak vaksinasi dosis tiga.

Kasatlantas Polres Kudus AKP Galuh Pandu Pandega di Kudus, Senin, mengatakan adanya dua pospam yang dilengkapi dengan fasilitas vaksinasi, yakni Pospam Alun-Alun Kudus dan Terminal Induk Jati Kudus.

Ia mempersilakan masyarakat yang belum vaksinasi, terutama pemudik ketika di perantauan belum sempat vaksinasi penguat karena kesibukannya, saat pulang ke Kudus bisa vaksinasi di dua pospam yang ada tersebut.
 
Pelaksana Harian Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi menambahkan petugas vaksinasi COVID-19 memang disediakan di dua pospam tersebut.
 
"Layanan vaksinasi selama 24 jam sehingga masyarakat bisa memanfaatkan vaksinasi di tempat tersebut kapan saja," ujarnya.

Baca juga: Polres Karawang siapkan tenda vaksinasi penguat bagi pemudik di KM 57

Tim vaksinasi yang bertugas, kata dia, dijadwalkan dari masing-masing fasilitas kesehatan di Kabupaten Kudus sehingga sepanjang jam pelayanan pospam tersedia petugas vaksinasi.
 
Selain itu, untuk jam kerja masyarakat bisa melakukan vaksinasi di puskesmas yang ada di Kudus.
 
Pada saat cuti Lebaran, yakni 2 dan 3 Mei 2022, layanan vaksinasi COVID-19 disediakan di Rumah Sakit Mardi Rahayu Kudus, RSA Miriam, Klinik Mardi Waluyo, dan Klinik Mardi Utomo.

"Vaksin tersedia dalam jumlah cukup untuk melayani masyarakat yang hendak melakukan vaksin penguat," ujarnya. 

Baca juga: PWNU Jatim laksanakan "Sejuta Vaksin Booster" dukung tradisi mudik
Baca juga: Menag tegaskan vaksinasi booster ikhtiar ciptakan mudik sehat-aman

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022