Honolulu (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan berbicara dalam pertemuan para CEO yang menjadi salah satu rangkaian acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-19 Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) di Honolulu, Kepulauan Hawaii, Sabtu.

Presiden yang baru tiba di Bandara Hickam, Honolulu, pada Sabtu pukul 06.45 waktu setempat atau sabtu malam pukul 23.45 WIB langsung menghadiri APEC 2011 CEO Summit yang dilaksanakan di Sheraton Waikiki, Honolulu.

Presiden dijadwalkan menyampaikan pidato pada forum APEC 2011 CEO Summit pada Sabtu pukul 11.30 waktu setempat atau Minggu pagi pukul 4.30 WIB. Waktu di Kepulauan Hawaii adalah 17 jam lebih lambat dari Waktu Indonesia bagian Barat.

Kepala Negara mendapatkan giliran ketiga untuk berbicara dalam forum dihadiri sekitar 1.500 pimpinan perusahaan di kawasan Asia Pasifik itu setelah Presiden China Hu Jintao dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Kepala negara/pemerintahan lain yang dijadwalkan berbicara pada forum tersebut adalah Presiden Rusia Dmitry Medvedev, Perdana Menteri Australia Julia Gillard, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Presiden Meksiko Felipe Calderon.

APEC CEO Summit akan mengambil fokus meningkatkan kebijakan perdagangan dan ekonomi di seluruh kawasan Asia Pasifik yang antara lain membahas perkembangan teknologi dan dampaknya bagi integrasi kawasan, hambatan peraturan bagi integrasi kawasan, serta visi perdagangan dan investasi terbuka pada 2020.

Pada Sabtu, Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Rusia di Hotel Trump tempat Kepala Negara menginap dan dilanjutkan dengan jamuan santap malam kepala negara/pemerintahan APEC.

Sedangkan pada Minggu 13 November 2011, Presiden akan menghadiri sarapan bersama dengan pengusaha Indonesia dan Amerika Serikat yang dilanjutkan dengan puncak pertemuan pemimpin negara-negara anggota APEC. (D013)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011