Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Hadian Lukita mengatakan bahwa turnamen pramusim dirancang untuk berlangsung mulai pertengahan Juni 2022.

“Kami masih menghitung jadwalnya. Mungkin akan dilaksanakan belasan Juni, dengan perkiraan tiga minggu sebelum Liga 1 2022-2023 digulirkan. Liga 1 direncanakan berlangsung sejak tanggal 20-an Juli 2022, bisa saja 27 Juli,” ujar Akhmad Hadian kepada pewarta di Kantor LIB, Jakarta, Senin.

Pria asal Jawa Barat itu melanjutkan, turnamen pramusim itu akan berpeserta tim-tim Liga 1 Indonesia, tetapi tidak ada sanksi jika tidak terlibat dalam kompetisi tersebut.

Adapun skemanya diperkirakan sama dengan turnamen pramusim Piala Menpora 2021, di mana semua peserta dibagi dalam grup.

Baca juga: Liga 1 2022-2023 direncanakan berpenonton di stadion dan "home-away"

Namun, Direktur Operasional LIB Sudjarno memperkirakan turnamen pramusim 2022 itu dapat selesai lebih cepat daripada Piala Menpora.

“Piala Menpora kemarin dilaksanakan saat bulan puasa jadi hanya satu pertandingan per hari dan selesai dalam 37 hari. Akan tetapi, kali ini bisa dua atau tiga laga sehari. Artinya bisa saja dapat berjalan lebih singkat daripada Piala Menpora,” tutur Sudjarno.

Sementara terkait lokasi pelaksanaan, purnawirawan polisi berpangkat akhir Inspektur Jenderal itu menyebut bahwa kompetisi tersebut berpotensi digelar di luar Pulau Jawa. Salah satu wilayah yang dipertimbangkan adalah di Kalimantan.

“Ini masih dirumuskan dengan federasi (PSSI-red). Misalnya, mungkin nanti di Kalimantan Timur atau wilayah di luar Jawa yang belum mendapatkan kesempatan melaksanakan Liga 1,” kata Sudjarno.

Adapun nama turnamen pramusim tersebut belum diputuskan oleh PSSI-LIB meski sudah ada pihak yang mengajukan diri menjadi sponsor.

“Sudah ada komunikasi dengan calon sponsor, tetapi ‘title’-nya nanti tergantung PSSI,” ujar Akhmad Hadian Lukita.

Baca juga: Liga 1 musim 2022/23 direncanakan mulai 27 Juli
Baca juga: PSSI cari sponsor untuk pemasangan VAR di Liga 1
Baca juga: Pelatih Persebaya dukung Liga 1 2022-2023 mulai 27 Juli

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022