Nusa Dua (ANTARA News) - Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Freddy H Tulung mengatakaan, pusat media massa peliput KTT ke-19 ASEAN dan KTT terkait di Nusa Dua, Bali, akan siap seluruhnya pada Senin (14/11) saat Wakil Presiden Boediono meninjau lokasi.

"Semoga media center siap pada 14 November, saat Wapres dijadwalkan melakukan tinjauan fisik," kata Freddy saat ditemui di pusat media, Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Minggu sore.

Dia menjelaskan, sebenarnya sebagian besar fasilitas pusat media itu sudah terpasang dan siap. Pihak penyelenggara, katanya, hanya perlu melakukan sejumlah penyempurnaan teknis.

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan sejumlah uji coba fasilitas untuk memastikan semua fasilitas itu berfungsi dengan baik.

Freddy optimis pusat media bisa berfungsi dengan baik, terutama pada saat kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 16 November 2011 dan pada saat pelaksaanaan KTT.

Pemerintah telah mengalokasikan dana sekitar Rp18 miliar untuk pengadaan pusat media massa dan segala fasilitas yang diperlukan di komplek pelaksanaan KTT ke-19 ASEAN, KTT ASEAN+3, dan KTT ke-enam Asia Timur di Nusa Dua, Bali.

Dana itu dialokasikan secara terpisah kepada pemenang tender penyediaan fasilitas "media center", seperti komputer, jaringan internet, dan ruang konferensi pers.

Sebagian dana itu juga dialokasikan untuk biaya sewa gedung bagi keperluan media center di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan ruang pengambilan tanda pengenal wartawan di Hotel Melia.


300 komputer

Media Center untuk KTT ASEAN dan KTT terkait berada di Singaraja Hall. Ruangan di lantai tiga BNDCC itu dilengkapi dengan 300 komputer yang tersambung ke jaringan internet untuk memudahkan kerja para wartawan yang meliput.

Bagi para wartawan yang membawa komputer jinjing sendiri, panitia menyediakan jalur khusus dan jaringan nirkabel untuk mereka.

Pusat media massa itu juga dilengkapi dengan sejumlah studio mini untuk keperluan penyiaran materi berita dalam bentuk foto, audio, dan video.

Sekitar 1.500 wartawan dari 130 negara telah terdaftar untuk meliput KTT ASEAN dan KTT terkait di Bali.

Selain di BNDCC yang menjadi salah satu tempat pelaksanaan KTT ASEAN, KTT ASEAN+3, dan KTT Asia Timur, kegiatan KTT juga akan dilangsungkan di Bali International Convention Center (BICC) yang juga berada di kompleks Nusa Dua.

KTT ke-19 ASEAN akan dihadiri para kepala negara atau kepala pemerintahan Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam.

Kepala negara atau kepala pemerintahan China, Korea Selatan, dan Jepang juga akan hadir dalam KTT ASEAN+3 dan KTT Asia Timur, sedangkan kepala negara atau pemerintahan dari Amerika Serikat, Rusia, Australia, Selandia Baru, dan India hanya akan hadir dalam KTT Asia Timur.

Pelaksanaan ketiga KTT itu dipusatkan di Nusa Dua, Bali, dan akan berakhir pada 19 November 2011.

(F008/A011)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011